Jika ingin menjadi pengusaha dan sudah lelah menjadi pekerja, maka yang harus dilakukan adalah peka terhadap peluang. Bisa jadi hobi atau masalah masalah yang anda hadapi bisa mendatangkan peluang kerja dan jadi ide bisnis yang menguntungkan. Seperti halnya mengelola bisnis beternak hewan. Ada banyak hewan yang bisa diternak dan terbukti menghasilkan keuntungan. Seperti halnya keuntungan ternak domba pada ulasan berikut.

Keuntungan Yang Bisa Dipertimbangkan Dalam Beternak  Hewan Domba

  1. Mudah Beradaptasi Dan Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Kuat

Untuk menjadi seorang peternak tentunya anda harus lebih dahulu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari bidang bisnis tersebut. Jika anda berniat berternak hewan domba, hal ini bukanlah pilihan yang buruk. Pasalnya domba bisa dikatakan sebagai hewan yang mudah beradaptasi pada lingkungan apapun. Sehingga anda akan mudah untuk merawatnya, tanpa perlu menghadirkan habitat asli agar domba bisa tinggal dengan nyaman dan sehat.

Tak hanya mampu bertahan di daerah yang memiliki udara dingin, domba juga bisa bertahan di cuaca yang panas. Hal ini dikarenakan domba memiliki bulu yang cukup tebal untuk melindungi seluruh tubuhnya. Bulu tersebut ternyata juga berperan agar, domba tidak cepat harus karena adanya penguapan pada permukaan kulitnya. Bulu domba yang tebal juga membantunya untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Yang mana ini menjadi keuntungan dalam ternak domba.

  1. Modal Relatif Kecil

Kebanyakaan modal menjadi suatu masalah yang membuat seseorang ragu ragu untuk membuka sebuah usaha. Padahal jika pandai melihat peluang ada beberapa usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti berternak hewan domba misalnya, karena untuk berternak hewan ini tidak dibutuhkan modal yang sangat besar. Apalagi usaha ini juga sangat cocok untuk daerah pedesaan karena kebutuhan akan pangan bisa terpenuhi.

Hewan berbulu ini bisa tinggal di dalam kandang yang sederhana. Sehingga tak membutuhkan banyak biaya untuk pembuatan kandang. Pakan utama domba juga mudah untuk didapatkan yaitu rumput. Anda bisa mencarinya sendiri atau membeli dengan harga yang lumayan terjangkau. Harga domba sendiri juga tidak terlalu mahal, dimana harga seekor domba bisa dijual mulai dari harga Rp. 850 ribu hingga Rp. 5 juta untuk satu ekornya.

  1. Cepat Berkembangbiak

Keuntungan dari bebisnis ternak ini adalah cepat berkembangbiak sehingga bisa cepat menghasilkan. Umumnya hewan berbulu ini bisa melahirkan sekitar 3 kali dalam waktu 2 tahu. Setiap kali beranak bisa menghasilkan hingga 3 ekor kembar. Namun untuk mendapatkan domba yang mampu beranak banyak ini tentu harus memilih gen yang bagus. Kemampuan domba ini disebut prolifik yang tentunya akan membuat ternak domba berkembang.

Selain memiliki beberapa keuntungan, berbisnis hewan ini juga harus menghadapi tantangan yang ada. Seperti misalnya ketersedian pangan hingga bagaimana pemeliharaannya. Anda haruslah banyak belajar dan mencari informasi jika ingin berhasil dalam membudidayakan hewan berbulu yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *