Saat berenang, sering kali telinga kemasukan air tatkala anda salah mengambil posisi berenang atau akibat hal lainnya. Tentunya terdapat sensasi tak nyaman dan menganggu pendengaran jika air belum keluar dari telinga, caranya adalah mengeluarkan air dalam telinga agar suasana menjadi rileks kembali.

Tips Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Siapa sangka, mandi dapat memicu telinga anda kemasukan air loh. Khususnya saat keramas karena air disiramkan ke seluruh bagian rambut dari atas sehingga telinga rawan kemasukan air. Untunglah terdapat banyak tips mengatasi telinga saat kemasukan air, berikut ada tips yang dapat dipraktekan saat telinga kemasukan air, diantaranya adalah:

  1. Mengeringkan Telinga Saat Itu juga

Saat telinga anda kemasukan air jangan sampai panik atau mengambil jalan salah, segeralah mengeringkan telinga anda saat itu juga. Gunakanlah handuk yang lembut maupun kain, lalu masukkan ke dalam lubang telinga.

  1. Angkat Kepala Satu Sisi Agar Air Keluar

Jangan sampai lupa angkat kepala satu sisi ketika telinga akan dikeringkan. Tujuannya agar air dalam telinga dapat keluar dengan cara mengalir secara perlahan, walaupun tidak terasa ada air yang keluar tetapi dibuktikan dengan suasana yang nyaman dan lebih lega. Kemudian tarik cuping telinga secara lembut agar saluran telinga dapat lurus yang membantu air keluar.

  1. Meniupkan Blow dryer

Setelah itu tiupkan blow dryer dengan cara rendahkan ke telinga, usahakan pengering rambut tersebut posisinya sekitar satu meter dari telinga agar manfaatnya maksimal.

  1. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Air terlalu banyak masuk ke dalam telinga dan membuat anda khawatir menimbulkan kotoran yang menumpuk di dalam telinga, untuk itulah anda dapat menggunakan obat tetes telinga agar tidak ada masalah di kemudian hari. Anda dapat membeli obat tersebut di Apotek terdekat karena tersedia di berbagai wilayah dan banyak jenisnya.

Mengatasi telinga kemasukan air sering kali dilakukan karena pasti terjadi pada setiap manusia, yang terpenting segera keringkan telinga anda gunakanalah tips diatas agar telinga tidak terganggu fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *