Spesies burung lovebird di Indonesia tentu menarik minat pecinta burung karena karakter suara, bulu, dan juga ciri fisiknya.

Bila kita lihat lebih detail, ada ciri khas yang mencolok bahkan menjadi karakter burung lovebird salah satunya bentuk paruh dan juga dari bagian bola matanya.

Rata-rata untuk usia seekor burung lovebird ini bisa mencapai 15 tahun. Jadi bisa dibayangkan seperti apa proses perawatannya, dan pada sisi bisnis penjualan sampai akses ke turnamen juga sangat terbuka.

Dari tahun ke tahun peminat dari burung lovebird ini terus bertambah. Ada pemula ingin melakukan pemeliharaan dari berbagai jenis lovebird. Hasilnya ada sejumlah ciri khas dan juga karakter dari burung lovebird wajib kita ketahui.

Karakter Burung Lovebird Wajib Anda Ketahui

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Jenis burung lovebird ini memiliki karakter yang mana bisa dipelajari bagi pemula sebelum melakukan perawatan dan pemeliharaan baik kalangan pribadi, sampai untuk kompetisi turnamen. Lalu seperti apa karakter dari burung lovebird ini?

  1. Lovebird Jadi Burung Paling Setiap Dengan Pasangan

Seperti namanya, lovebird ternyata punya karakter sangat setia dan juga romantis dengan pasangannya. Berbagai penelitian sudah mendapat kesimpulan bahwa tingkah laku lovebird jantan terhadap pasangannya sangatlah dekat.

Bahkan satu pasangan burung lovebird memiliki perasaan yang saling melengkapi baik dalam suasana sedih, bahagia, ataupun ditinggal mati pasangannya.

Berbagai kasus terjadi kematian lovebird yang disebabkan kematian pasangan ataupun terjadi depresi yang membuat pasangan burung lovebird mati.

  1. Memiliki Bentuk Sarang Berbeda di Setiap Jenisnya

Perlu Anda tahu, bentuk dan ukuran sarang dari setiap jenis burung lovebird tidak sama. Hal ini disebabkan oleh cara membuat sarang dan juga beberapa kebiasaan hidup lovebird dari berbagai jenis juga tidak sama.

Cara membangun sarang yang berbeda, ditambah lagi proses dan juga perawatan lingkungan hidup sekitar lovebird membuat ukuran dan bentuknya tidak sama.

Sebagai contoh pada jenis lovebird muka salem yang mana punya cara menarik dalam membangun sarang yakni menyelipkan kulit pohon di bawah bulunya.

Berdasarkan metode dan juga kebiasaan tersebut, membuat lovebird ini terlihat unik dan berbeda dari jenis burung lainnya.

  1. Memiliki Warna Unik di Setiap Jenisnya

Karakter selanjutnya dari burung lovebird ini terdapat warna lebih beragam dan variatif dari setiap jenis burung lovebird. Berdasarkan penelitian, lovebird jadi satu-satunya burung dengan berbagai macam genre yang dibedakan beradasarkan ciri fisik dan juga habitatnya.

Berdasarkan warna di setiap jenis lovebird itulah harga yang dipatok di pasaran pun tidak sama. Untuk beberapa jenis lovebird yang dikatakan langkah hingga sulit perawatannya biasanya dibanderol tinggi di pasaran.

Bukan hal baru lagi, bahwa lovebird ini memiliki suara merdu, sehingga banyak orang download suara lovebird untuk memberi contoh dan acuan dalam menentukan kualitas lovebird di pasaran.

Jenis Lovebird Paling Populer di Indonesia

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Selain karakter dan sifat burung lovebird, kali ini akan kita ulas seperti apa jenis lovebird paling popouler di Indonesia ataupun yang banyak dijadikan hewan peliharaan hingga sebuah akses untuk kontes.

  1. Lovebird Fischer

Pertama dan menjadi salah satu lovebird paling banyak dipelihara di Indonesia yakni Lovebird Fischer. Terdapat ciri fisik yang mudah dikentarai yakin warna hijau pada bagian dada, sayap dan juga punggung.

Kemudian dari bagian sayapnya juga punya warna hijau zaitun. Bagian paruh juga terlihat memiliki warna merah cerah. Sedangkan di bagian leher juga terlihat warna kuning keemasan dengan tambahan warna biru ataupun unug di bagian ekornya.

  1. Lovebird Nyasa

Hampir sama dengan ciri fisik lovebird fischer, yang mana tipe Nyasa ini juga menghadirkan karakter dan juga ciri fisik identik dengan warna hijau.

Selain dikembangkan di Indonesia, jenis Nyasa ini juga terdapat di negara Zambia, Tanzania, dan lainnya.

Ukuran tubuh jenis lovebird Nyasa bisa mencapai 13 cm, namun uniknya, jenis Nyasa ini sama sekali bukan dalam kategori ras fischer.

Kita bisa lihat ciri fisik dari Nyasa yang mana memiliki warna hijau di bagian pantat dan juga punggung. Sedangkan di bagian lehernya punya warna orange. Pada bagian kepala dan juga dada juga terdapat kombinasi warna orange. Hingga bagian mata burung lovebird nyasa ini memiliki warna putih dan paruhnya dikombinasi warna merah.

  1. Lovebird Blorok

Menjadi salah satu jenis lovebird paling banyak diminati di Indonesia karena warna bulunya yang dominan biru dikombinasi dengan putih.

Keunikan lovebird blorok ini juga cukup langka disaksikan. Tak heran jenis blorok dikatakan memiliki potensi ekonomi cukup tinggi.

Warna biru pada bulu lovebird merupakan hasil rekayasa genetika dan prosesnya tidak mudah. Jenis lovebird blorok sendiri dibedakan menjadi beberapa bagian yakni blorok biru, blue series, violet, dan lutinom.

Gradasi warna terlihat menarik, ditambah lagi potensi harganya di pasaran juga tinggi membuat jenis blorok menjadi pilihan tepat hingga banyak diburu.

Hingga sekarang proses dari mengenal seperti apa karakter dan juga ciri fisik lovebird harus diamati bagi pemula yang ingin memeliharanya.

Sedangkan dari opsi-opsi paling tepat dalam memeliharanya juga tak lepas dari prosedur pemberian pakan hingga Anda bisa mendapatkan solusi perawatan burung lvoebird terbaik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *