Salah satu jenis puisi lama yang sampai saat ini masih banyak dikenal dan digunakan adalah pantun. Ada beberapa ciri pantun salah satunya adalah memiliki sampiran dan isi. Selain memiliki ciri tersendiri pantun juga hadir dalam beberapa jenis.

Jenis-jenis Pantun yang Banyak Ditemukan

Jenis-jenis pantun cukup beragam. Biasanya jenis pantun ini dibedakan menurut isinya. Penasaran ada jenis pantun apa saja? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.      Pantun Nasehat

Pantun yang pertama adalah pantun nasehat. Jenis pantun yang satu ini memiliki isi berupa nasehat terkait berbagai hal. Misalnya nasehat untuk rajin menabung atau bahkan rajin belajar. Ini dapat menjadi cara yang menarik untuk mengingatkan seseorang lho. Namun, ingat pastikan isinya tidak menyinggung ya.

2.      Pantun Teka-teki

Ingin bermain tebak-tebakan dengan teman? Nampaknya pantun teka-teki ini dapat digunakan. Salah satu ciri khas dari pantun ini adalah adanya pertanyaan yang hadir di bagian akhir pantun. Tak hanya hadir sebagai hiburan, pantun ini juga dapat menciptakan keakraban ketika dimainkan lho.

3.      Pantun Jenaka

Dari jenis-jenis pantun yang ada, mungkin pantun jenaka paling banyak digemari. Pasalnya pantun ini memiliki bagian akhir lucu yang siap membuat siapa saja tertawa. Tak heran jika ada banyak buku kumpulan pantun lucu yang dapat ditemukan di pasaran.

Jenis-jenis pantun yang ada biasanya dibedakan menurut isi. Tidak hanya ada ketiga jenis pantun di atas, sebenarnya masih ada banyak jenis pantun lainnya. Mulai dari pantun agama sampai dengan pantun anak.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *