Pernahkah kamu mengunjungi Kabupaten Kebumen ? Wilayah yang dekat dengan Samudra Hindia ini, menyimpan banyak potensi daerah yang berlimpah. Melihat letak wilayahnya yang terdiri dari pegunungan, membuat wilayah Kebumen dangan sektor peternakan hingga perkebunan. Lantas apa saja potensi keunggulan yang dimiliki Kebumen ?

Beberapa Keunggulan yang Dimiliki Kabupaten Daerah Kebumen

  1. Unggul Dengan Tanaman Pangan

Kabupaten wilayan ini sangat unggul dari segi tanaman pangan seperti semangka, dan kacang tanah. Pada daerah Urut Seru Kecamatan Mirit, menjadi tempat berkembangnya tanaman semangka, sedangkan untuk kacang tanah tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten. Kedua tanaman pangan ini menjadi potensi yang sngat dibanggakan oleh Kebumen, pertahunnya saja kapasitas produksi dapat mencapai 12 ton untuk semangka dan 9.129.986 ton untuk kacang tanah.

  1. Unggul Dalam Sektor Perkebunan

Ada dua sektor perkebunan yang dibanggakan oleh Kebumen yaitu perkebunan kelapa, dan perikanan. Kabupaten wilayan ini merupakan sentra komoditas kelapa, perharinya saja Kebumen mampu memproduksi 10 ribu atau 29 ribu. Selain itu kabupaten Kebumen juga  memiliki pantai sepanjang 38 Km membentang luas, sehingga berpotensi memiliki berbagai jenis ikan yang dapat di produksi. Setiap tahunnya saja, Kebumen mampu memproduksi hingga 264 ribu ton.

  1. Unggul Dalam Sektor Peternakan

Melihat lokasinya yang berada di dataran tinggi, tak heran jika Kebumen memiliki sektor peternakan yang cukup unggul. Peternakan yang ada di Kabupaten wilayah ini seperti kuda, sapi, kerbai, kambing, domba, ayam, dan kelinci. Melihat lokasi geografis Kebumen, membuat seluruh hewan peternakan disini sangat cocok dengan udara maupun suhu wilayah Kebumen.

Untuk sektor Kuda, biasanya kuda ini akan digunakan untuk kuda balap dan sebagai alat transportasi. Populasi kuda di Kabupaten wilayah ini dapat mencapai 540 ekor, itu pun terus meningkat dari tahun ketahun. Begitu pula dengan peternakan Sapi, ada dua jenis peternakan yang dikelola yaitu sapi perah dan sapi potong.

Kabupaten wilayah Kebumen adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah, yang diapit hampir 5 kabupaten lainnya. Kabupaten dari kota Kebumen ini, memiliki banyak potensi keunggulan yang mampu meningkatkan nilai Ekonomi kota Kebumen maupun Negara Indonesia. Melihat dari letak wilayahnya yang dikelilingi beberapa pegunungan dataran tinggi, membuat potensi wilayah Kebumen ini tersdiri dari peternakan dan perkebunan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *