Trend bentuk dan nama makanan unik memang marak. Tujuannya tentu untuk menarik minat para pembeli. Sosial media memiliki peran besar dalam membuat sesuatu menjadi terkenal termasuk dalam hal kuliner. Upload foto makanan atau minuman dengan tampilan yang indah atau nyeleneh pun sudah menjadi kebutuhan untuk feed yang keren. Kini, tak hanya kreasi makanan saja yang menjadi viral karena keunikannya, deretan minuman unik berikut ini juga tak kalah populer.

Berikut ini daftar minuman dengan nama aneh dan nyeleneh di Indonesia.

1. Es Dawet Jembut Kecabut, Kecamatan Butuh, Purworejo

Mendengar namanya memang agak aneh dan risih. Kenapa demikian? Kata ‘jembut’ merupakan Bahasa Jawa untuk bagian anggota tubuh yang dianggap kurang pantas untuk disebutkan. Info unik ini berasal dari lokasi es dawet yang berada dekat dengan Jembatan Butuh, Kec. Butuh yang mana jika disingkat menjadi ‘JemBut’. Sedangkan kata ‘Kecabut’ bermakna tercabut.

Itulah kenapa es dawet tersebut dinamai demikian karena berasal dari singkatan lokasi berjualan. Harga es cendol hitam khas Purworejo Jembatan Butuh cukup terjangkau yaitu Rp4.000 saja /porsi. Jika Anda sedang berada atau melintasi kawasan ini, sempatkan mampir dan nikmati kesegarannya.

pxhere.com

2. Es Teler, Menteng

Siapa yang tidak tahu es teler, hampir di sepanjang jalan di daerah mana saja banyak orang yang menjual es ini. Nama ‘teler’ yang digunakan untuk nama es memang terdengar cukup unik dan tidak biasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘teler’ bermakna tidak sadar karena pengaruh obat seperti alkohol.

Konon, es ini tercipta dari seorang penjual es campur bernama Tukiman Darmowijono yang berada di Jalan Cilacap, Menteng. Komposisi es yang dibuat oleh Bapak Tukiman sangat lezat sehingga para pembeli yang terdiri dari anak-anak muda merasa ‘teler’ saat meminumnya.

Es teler terdiri dari beberapa bahan seperti alpukat, potongan nangka, serutan kelapa, ditambah susu, es serut dan siraman sirup. Wah, membayangkan komposisinya saja sudah bikin ngiler dan teler apalagi mencicipinya langsung.

3. Es Laksamana Mengamuk, Provinsi Riau

 

 

Minuman unik selanjutnya datang dari Provinsi Riau bernama Laksamana Mengamuk. Menurut sejarah, nama es tersebut diambil dari cerita laksmana yang mengamuk karena sang istri dibawa lari oleh seorang pemilik kebun buah kweni.

Laksamana begitu mengamuk saat mengetahuinya dan langsung menghunuskan pedang ke penjuru arah sehingga buah-buah kweni berjatuhan dari pohon. Masyarakat yang melihat kejadian tersebut kemudian mengambil buah kweni yang jatuh dan menjadikannya sebuah minuman. Itulah sebabnya bahan dasar utama dari es Laksamana Mengamuk adalah buah kweni.

Racikan es ini adalah buah kweni dipotong dadu, ditambah santan, ditaburi biji selasih, kemudian diberi daun pandan.

pxhere.com

4. Es Air Mata Pengantin, Pekanbaru

Nama es yang cukup unik ini datang dari Kota Pekanbaru, Riau. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Es Air Mata Pengantin sangat mudah yaitu terdiri dari agar-agar, gula pasir, dan aneka warna pewarna makanan. Untuk mempermanis dan menambah kesegaran minuman Es Air Mata Pengantin, sebagian orang menambah nata de coco, selasih dan siraman sirup. Paduan warna warni agar-agar membuat es ini tampak sangat cantik dan memanjakan mata.

Es Air Mata Pengantin merupakan sajian yang biasa ditemui di hajatan pernikahan. Pembuatan es ini juga sangat mudah, Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah.

pxhere.com

5. Es Palu Butung, Makassar

Minuman yang kelima bernama Es Palu Butung berasal dari Kota Makassar. Semua orang tahu jika palu adalah alat untuk memukul paku. Namun, tampilan dari es palu ini tidak sesangar palu melainkan mirip es pisang hijau hanya saja pisang pada Es Palu Butung tidak ada lapisannya.

Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, komposisinya yang terdiri dari potongan pisang, bubur sumsum, es batu dan siraman sirup ini juga membuat perut kenyang. Untuk Anda yang berkunjung ke Makassar, wajib coba es khas daerah ini.

Indonesia memang terkenal dengan surganya kuliner dari yang enak, aneh, hingga nama makanan yang nyeleneh seperti nama kelima minuman unik dia atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *