ini berkat teknologi yang semakin maju, energy listrik bisa di hasilkan melalui berbagai metode yang melibatkan energy lainnya sehingga untuk dapat menghasilkan listrik tidak mengandalkan batu bara yang bisa saja suatu saat nanti akan habis karena terus menerus di ambil oleh manusia dan memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Oleh karena itu manusia membuat banyak terobosan agar bagaimana caranya dapat menghasilkan listrik tanpa menggunakan batu bara tetapi menggunakan sumber daya energi yang ramah lingkungan serta tersedia secara Cuma-cuma dan jumlahnya tidak terbatas.

Akhirnya karena semakin majunya teknologi maka di temukan beberapa metode menghasilkan listrik menggunakan sumber daya alam yang setiap hari dapat kita rasakan yaitu menggunakan air, angin dan panas sinar matahari.

Untuk dapat meghasilkan listrik dengan tenaga air maka perlu membangun pembangkit listrik tenaga air, untuk menghasilkan listrik dengan tenaga angin maka perlu membangun pembangkit listrik tenaga angina yang berbentuk seperti kincir.

Sedangkan untuk menghasilkan listrik dengan cahaya panas matahari maka peru membangun energy listrik tenaga surya, namun ada satu keuntungan yang dapat anda dapatkan dari tenaga listrik tenga surya yakni pembangkit listrik tenaga surya dapat anda pasang di rumah anda sendiri dengan menggunakan panel surya.

unsplash.com

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

Panel surya sendiri adalah sebuah alat yang mengubah sel surya atau tenaga panas matahari menjadi aliran listrik yang dapat anda gunakan sehari-hari. Sekarang ini sudah banyak perusahaan, kantor bahkan rumah pribadi yang menggunakan panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

unsplash.com

Kelebihan Panel Surya

Setiap sistem ataupun alat pasti terdapat keunggulan dan kelemahannya, begitupun dengan panel surya, berikut ini akan kami berikan beberapa keunggulan dari panel surya yang perlu anda ketahui agar anda semakin memantapkan hati untuk memasang panel surya ini.

  • Panel surya memanfaatkan energy panas matahari yang mana seperti kita ketahui bahwa energy matahari atau panas cahaya matahari di bumi dapat anda dapatkan secara Cuma-cuma dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore sehingga sangat melimpah dan tak terbatas.
  • Panel surya mudah di pasang dan memiliki biaya yang relative murah karena panel surya dapat bertahan hingga 20 tahun dan anda dapat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari tanpa anda harus pusing memikirkan tagihan bulanan listrik anda.
  • Panel surya menggunakan energy panas cahaya matahari sebagai sumber pokok utamanya sehingga tidak memancarkan gas emisi seperti karbondioksida yang membahayakan bagi bumi sehingga memicu global warming maupun perubahan iklim. Oleh karena itu, panel surya sangat aman dan ramah lingkungan.
  • Panel surya awet dan tahan lama bahkan bisa bertahan hingga selama 20 tahun tanpa ada penurunan daya sama sekali dan penurunan fungsi.
  • Karena masa pakainya yang sangat panjang bahkan hingga bisa mencapai 30 tahun maka panel surya memberikan solusi bagi anda yang ingin menghemat biaya listrik bulanan. Anda cukup pasang panel surya dan terpakai hingga 30 tahun kedepan, sangat efisien.
unsplash.com

Kelemahan Panel Surya

Selain beberapa keunggulan di atas, panel surya juga memiliki kelemahan. Namun meskipun memiliki kelemahan bukan berarti panel surya tidak bagus, hanya saja inilah bebapa kelemahan panel surya yang perlu untuk anda ketahui.

  • Karena termasuk penemuan teknologi yang masih jarang di gunakan di rumah pribadi maka panel surya tergolong cukup mahal untuk ukuran rumah pribadi setidaknya anda perlu menghabiskan dana sekitar $12.000 hingga $15.000 dollar untuk satu kali pemasangan atau jika di rupiahkan maka anda akan memerlukan dana sekitar 160 juta hingga 210 juta rupiah setiap kali memasang panel surya namun itu cukup hingga 30 tahun mendatang.
  • Tingkat efisiensi pamer surya masih rendah yaitu hanya sekitar 20% dari yang seharusnya, oleh sebab itu maka masyarakat masih enggan memasang panel surta
  • Ada sebagian bahan material yang di gunakan untuk membuat panel surya yang tidak ramah lingkungan yaitu contonya ada yang menggunakan material silicon, oleh sebab itu anda harus pandai-pandai memilih agar mendapatkan kualitas solar panel yang bagus.
  • Proses daur ulang panel surya harus dilakukan dengan hati-hati karena jika daur ulang melalui proses yang salah maka justru akan membahayakan lingkungan karena kandungan yang terdapat pada bahan panel surya terdapat beberapa material yang dapat menjadi sumber pencemaran yang buruk seperti paparan silicon dan selenium yang dapat memicu efek rumah kaca.

Meskipun ada beberapa kelemahan namun panel surya masih memiliki banyak keunggulan yang perlu anda pertimbangkan karena untuk kelemahan-kelemahannya sendiri masih bisa di atasi dengan langkah pencegahan yang dapat anda tanyakan ke perusahaan pemasangan panel surya di rumah anda ketika anda sedang memasang panel surya tersebut.

Dengan anda menggunakan panel surya maka anda telah berkontribusi dalam mengurangi efek rumah kaca, global warming dan isu perubahan iklim yang semakin memperihatinkan di dunia ini.

Semoga dengan adanya informasi Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *