Negara Indonesia yang dikenal dengan kekayaan alamnya, mendukung masyarakatnya untuk beternak. Sebab kebanyakan jenis hewan yang dapat hidup di Indonesia, merupakan jenis hewan yang cocok dijadikan sebagai ladang berbisnis. Keuntungan yang bisa diambil dari hewan ternak, jumlahnya pun bukan main. Berikut peluang usaha ternak yang bisa menghasilkan keuntungan berlimpah.

Segelintir Hewan Ternak Penghasil Keuntungan

Ternak Sapi Perah Atau Sapi Potong

Sapi, merupakan hewan ternak yang paling banyak diburu daging dan susunya. Rasa dagingnya yang  khas dan kaya akan vitamin, membuat siapa saja yang menyantap dagingnya akan merasa ketagihan. Pengolahan daging sapi cukup mudah dan telah banyak variannnya, mulai dari kuliner berkuah hingga kuliner dengan rasa pedas membakar lidah. Walaupun harga daging sapi cukup tinggi, tidak menyurutkan para pecintanya untuk mencarinya.

Susu sapi juga memiliki gizi yang baik bagi tubuh manusia, sehingga permintaan pasar juga tidak kalah tingginya. Selain memiliki banyak vitamin baik, pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan berbagai macam dan rasa. Kini telah banyak perusahaan yang memanfaatkan susu sapi yang diambil langsung dari peternaknya, yang kemudian diolah menjadi berbagai produk minuman populer.

Hewan berkaki empat satu ini memang sudah populer sejak dulu. Hanya saja, harga daging sapi cenderung terus meningkat, sehingga diperlukan penambahan peternak sapi di Indonesia. Padahal banyaknya permintaan pasar untuk mendapatkan daging sapi berkualitas, membuat peternak sapi untung berlipat lipat. Tidak mengherankan bila daging sapi mendapatkan peringkat menjadi hewan ternak yang menghasilkan keuntungan tinggi untuk peluang usaha ternak.

Ternak Burung Hias

Pernah melihat sekumpulan orang beternak burung hias hingga diadakan lomba tertentu ? Hewan mungil ini memang cocok untuk diternakkan di Indonesia. Banyaknya jenis dan warnanya yang indah, menjadikannya banyak diburu untuk diternakkan. Walaupun memiliki badan mungil, harga yang ditawarkan pasaran tidak main main. Untuk setiap ekornya, burung hias bisa dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah.

Indonesia memiliki berbagai perlombaan untuk ajang unjuk diri menjadi yang terbaik. Salah satu caranya, adalah dengan diadakan kompetisi yang dikhususkan untuk melihat keindahan bulu dan warna yang dimiliki hewan ternak mungil satu ini. Tidak hanya warna bulunya saja, ada kompetisi bagi burung hias yang memiliki suara merdu ketika bercuit ria. Bagi peserta yang memilki burung hias terbaik, akan diberikan hadiah berupa uang tunai yang  jumlahnya sangat lumayan.

Memelihara burung hias pun dirasa lebih mudah dan hanya  memerlukan keahlian khusus. Agar burung tetap sehat dan mengeluarkan suara yang merdu, anda perlu mengetahui kondisi mental sang hewan mungil ini, serta rajin memberikannya pakan setiap harinya. Tren peluang usaha ternak ini belum pernah surut,  justru semakin tinggi setiap tahunnya. Alasan kenapa burung hias menjadi tren adalah harga jualnya yang relatif stabil daripada memelihara hewan ternak lainnya.

pxhere.com

Ternak Ayam Potong Dan Ayam Petelur

Banyaknya kuliner yang menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Tidak hanya sebagai bahan utama kuliner makanan berat, namun telur telah menjajal sebagai bahan tambahan pembuatan  kuliner camilan ringan. Rasa yang dimiliki pun tidak bisa ditolak oleh lidah, dan dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner dengan cita rasa tak terkalahkan. Banyaknya kebutuhan akan telur, membuat permintaan cenderung naik setiap tahunnya.

Tidak hanya ayam petelur yang memiliki pangsa pasar luas, namun ayam potong pun juga ikut menyertainya. Ayam potong banyak dicari, lantaran ras daging ayam yang terkenal akan kelezatannya. Mulai dari warung kaki lima hingga resto bintang 5 pun, nampaknya  menyediakan daging ayam sebagai menu andalan. Sebab, pengolahan dagingnya  terbilang mudah dan tersedia berbagai varian. Tidak mengherankan jika peluang usaha satu ini cukup diminati.

Mengetahui akan kebutuhan pasar yang tinggi, membuat peluang baru bagi siapa saja yang berminat beternak ayam petelur. Untuk memulai usaha ini, perlu untuk mencari lahan khusus dan jauh dari pemukiman warga. Sebab, ayam membutuhkan lahan yang cukup lebar, karena hewan satu ini termasuk jenis hewan yang mudah berkembang biak. Keberadaan telur pun akan selalu tersedia setiap harinya, sehingga pendapatan akan terus mengalir.

unsplash.com

Ternak Jangkrik Sebagai Pakan

Peminat peternak burung hias yang semakn banyak, membuat peluang usaha ternak baru yang menyediakan pakannya. Sebab, burung hias hendaknya tidak hanya diberikan pakan olahan saja, namun bisa diberikan pakan alami seperti jangkrik yang kaya akan gizi. Kandungan protein tinggi pada daging jangkrik, sangat bagus bagi pertumbuhan burung hias. Terutama bagi anda yang ingin mengikuti kontes burung hias, ada baiknya breikan pakan alami satu ini.

Tidak hanya hewan ternak saja yang membutuhkan jangkrik untuk diolah. Daridulu, sudah ada golongan orang yang gemar mengkonsumsi hewan satu ini. Walaupun terdengar menjijikkan, namun faktanya rasa jangkrik yang telah diolah tidak bisa ditolak lidah. Karena memakan jangkrik terdengar ekstrim di Indonesia, maka tidak banyak yang melakukannya. Padahal di suatu negara, memakan jangkrik sudah menjadi rutinitas dan dijaikan jajanan kuliner.

pxhere.com

Ternak Udang Laut

Berdomisili dekat pantai, peluang usaha ternak tidak hanya berkisar dari menangkap ikan di laut saja. Anda bisa membuka peluang lain, yang tidak kalah menguntungkan dan mungkin tidak terpikirkan oleh orang kebanyakan.  Beternak udang, bisa menjadi salah satu opsi alternatif yang bisa dicoba untuk dilakukan. Sebab permintaan pasar akan udang, masih tinggi peminatnya. Selain rasa dagingnya yang tiada dua, udang juga dinilai sangat baik untuk dikonsumsi.

Udang , merupakaan makanan khas laut yang tidak kalah populer untuk diternakkan. Sebab, permintaan pasar untuk mendapatkan udang berkualitas jempolan terus bertambah. Walaupun biaya untuk memulai usaha satu ini terbilang cukup tinggi, namun keuntungan dari hasil budidayanya terasa sepadan. Ternak udang bisa menjadi ternak tiada matinya, karena udang masi menjadi makanan favorit keluarga Indonesia.

Tidak hanya untuk dikonsumsi, udang juga bisa dijadikan sebagai umpan ketika ingin memancing jenis ikan tertentu. Seperti manusia, ikan pun sangat menyukai udang sebagia makanan favoritnya. Untuk memastikannya, anda bisa melihat para pemancing di pasar tradisional terdekat. Mereka membeli udang bukan untuk dikonsumsi, namun untuk mendapatkan ikan yang lebih besar. Oleh karena itu, udang bisa dijadikan peluang usaha ternak terbaik.

Tinggal di Indoensia yang dikenal sebagai penghasil sumber daya alam melimpah, memang menjadi sebuah bentuk syukur yang luar biasa. Alam yang telah diberikan, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan  baik untuk kelangsungan hidupnya. Apabila alam terus dijaga kelestariannya, maka hasil pakan pun tidak akan berkurang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *