Mesin CNC router merupakan satu dari sekian jenis mesin CNC yang dioperasikan dengan komputer. Mesin ini merupakan inovasi dari mesin-mesin konvensional yang berguna untuk memotong dan melakukan pengukiran secara manual dan membutuhkan banyak tenaga pekerja. Saat ini, dunia mekanik mengalami perkembangan teknologi.

Kini Anda dapat menggunakan jasa CNC Router untuk melakukan produksi di bidang industri. Berikut fakta-fakta Mesin CNC Router dan keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan mesin CNC Router. Anda dapat menggunakan mesin ini dalam usaha advertising, mebel, dan industri lainnya.

Kegunaan Utama

pixabay.com

Mesin CNC Router memiliki tiga fungsi utama. Pertama, mesin ini dapat digunakan untuk memotong atau cutting. Mesin ini dapat memotong material dari kayu, besi, dll. Sistem dan data terkait ukuran pun telah diatur oleh program komputer. Sehingga dalam pengoperasiannya, Anda dapat meminimalisir kesalahan pemotongan yang terkadang salah ukuran atau presisi.

Kegunaan yang kedua adalah sebagai alat ukir atau enraving. Dalam industri tertentu, terkadang para tukang mengalami kesalahan bentuk ukir serta hasil yang kadang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan desain ukiran yang telah diinput ke dalam komputer, Anda bisa melakukan pengukiran ornament hias atau mebel lebih cepat dan tanpa kesalahan.

Kegunaan yang terakhir adalah melakukan marka atau marking. Sebelum melakukan finishing atau proses akhir dari pengolahan kayu atau logam, maka Anda perlu untuk memberikan tanda-tanda untuk menentukan posisi dan titik-titik yang selanjutnya akan diolah di proses akhir. Mesin CNC juga dapat memberikan titik-titik dengan rapi dengan ukuran yang sesuai.

Cara Kerja

Sebelum membeli dan menggunakan jasa CNC Router, Anda harus mengetahui dahulu langkah-langkah pengoperasian mesin yang satu ini. Hal ini berguna untuk memberikan Anda bayangan terlebih dahulu terhadap cara kerja mesin CNC Router. Hal ini juga penting mengingat mesin CNC Router dihubungkan dengan program komputer yang cukup rumit.

Pertama, mesin ini memiliki tiga fungsi yang berbeda yaitu memotong, mengukir, dan menandai. Oleh karena itu, mata bor yang dipasang di kepala spindle harus sesuai dengan fungsi yang akan Anda gunakan. Umumnya untuk memotong, mata bor yang digunakan berukuran cukup besar dan tajam. Sementara itu untuk ukiran dan tanda, Anda dapat memilih yang lebih kecil.

Mesin CNC Router memiliki tiga axis pada mesinnya. Ketiga axis ini memungkinkan mesin ini dapat bergerak ke atas-bawah, turun-naik, serta kiri-kanan. Alhasil, hasil ukiran menggunakan mesin ini terlihat sangat rapi. Selain itu hasil ukiran menjadi lebih detail meskipun memiliki kerumitan cukup tinggi. Anda juga dapat membuat ukiran 3 dimensi dengan mesin ini.

Selanjutnya, Anda harus sering melakukan pengecekan pada mata bor. Hal ini dikarenakan mata bor yang terlalu lama digunakan akan aus. Hasilnya akan menjadi jelek dan tidak sesempurna mata bor yang tajam. Juga dapat menyebabkan mata bor patah. Oleh karena itu, pastikan mata bor senantiasa tajam dan siap digunakan.

Keuntungan

pixabay.com

Mesin CNC Router tidak hanya digunakan pada industri besar. Alat ini juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki usaha kecil dan menengah. Oleh karena itu, Anda dapat memilih mesin CNC Router yang tersedia dalam ukuran mini. Kini, mesin CNC Router minipun memiliki performa yang tidak kalah dengan mesin besar.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat melakukan produksi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Hal ini dikarenakan mesin CNC Router merupakan inovasi menggantikan tenaga kerja manusia. Proses kerja sepenuhnya dilakukan oleh komputer dan mesin robot otomatis. Sehingga, mesin ini dapat melakukan produksi dengan cepat dalam jumlah banyak.

Dengan mesin ini, Anda juga dapat meminimalisir kesalahan atau human error. Dalam penggunaan mesin konvensional, mungkin Anda seringkali mendapatkan kesalahan produksi yang terjadi karena human error. Hal ini tentunya membuat boros material serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengerjaan ulang.

Dapat Dirakit Sendiri

Meskipun mesin CNC Router berukuran besar membutuhkan operator yang bisa melakukan pengoperasian pada mesin tersebut, Anda sebagai orang awam juga bisa merakit jenis mesin CNC Router mini. Anda juga tidak perlu repot memikirkan komponennya yang rumit. Dengan DVD ROM bekas dan Arduino Uno, Anda dapat merakit sendiri di rumah.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah merangkai Arduino Uno, motor DVD, dan IC LD293. Anda juga bisa menggunakan shield driver motor ld293, namun Anda juga bisa menggantinya dengan project board untuk menghemat bujet. Setelah dirangkai, tes kinerja mesin CNC Router mini. Setelahnya, install aplikasi Inkscape untuk menghubungkan dengan komputer.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mesin CNC Router. Mesin ini memang memiliki performa yang sangat membantu proses produksi di bidang industri sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal. Selain itu, mesin ini juga ini dapat dibuat sendiri versi mininya sehingga Anda dapat melakukan pengerjaan usaha kecil lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *