Anak-anak memerlukan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembangnya dapat sesuai dengan usianya. Untuk pemberian makanan pada anak juga harus diperhatikan supaya tidak kekurangan nutrisi.

Tetapi terkadang orang tua merasa cemas disaat sedang makan,anak terlihat mual. Dibawah ini ada beberapa penyebab anak mual  ketika makan dan cara mengatasinya.

1.       Alergi makanan

Salah satu penyebab dari anak mual ketika makan bisa jadi karena alergi makanan. Ketika anak makan jenis makanan tersebut maka anak akan mengalami mual dan muntah. Beberapa alergi makanan yang kita tahu berasal dari seafood, telur,susu dan lain-lain.

Tetapi ada juga anak mengalami mual ketika makan kacang-kacangan, produk gluten,garam,gula dan lainnya.

Untuk mencari penyebab pastinya anak kita alergi terhadap jenis makanan apa ,maka kita perlu melakukan tes alergi ke dokter dan menghindari penyebab dari alergi tersebut.

 2.       Trauma dan gelisah

Hal ini terjadi karena mungkin dirumah kita memaksa anak untuk makan, karena anak makannya susah dan sedikit. Tak jarang orang tua akan memaksa anak untuk makan. Maka anak akan merasa trauma ditandai dengan mual dan muntah ketika makan.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan membiarkan anak untuk makan sendiri dan memilih sendiri jenis makanan yang anak sukai. Dan bagi orang tua cukup memperhatikan asupan gizinya agar seimbang.

3.       Infeksi pada pencernaan

Infeksi pencernaan juga mengakibatkan anak menjadi mual dan muntah. Infeksi tersebut disebabkan karena adanya virus,bakteri,parasit dan lain-lain.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4.       Makan terlalu banyak

Ini disebabkan karena orang tua terlalu memberikan banyak makanan untuk anak,apalagi jika makanan tersebut merupakan jenis makanan yang disukai anak. Padahal kita tahu bahwa makan berlebihan tidak baik bagi anak yang masih mengalami perkembangan pada lambungnya. Akibatnya anak akan muntah.

Cara mengatasinya adalah dengan cara memberikan makanan pada anak tetapi tetap sesuai dengan porsi dan jumlahnya yang dibutuhkan anak.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi anak mual ketika makan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita sebagai orang tua.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *