Flek paru-paru atau tuberkulosis merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya yang banyak menjadi penyebab kematian. tuberkulosis atau lebih mudah disebut sebagai TBC lebih sering menyerang anak-anak atau balita. Indonesia menjadi salah satu negara yang penduduknya banyak menderita penyakit tuberkulosis atau TBC.

Penyakit Flek Paru-paru atau tuberkulosis ini penyakit yang berbahaya dan harus segera mendapat tindakan lanjut bila seseorang mengalami gejala dari penyakit tersebut. Karena, kualitas hidup seseorang penderita penyakit tuberkulosis ini di tentukan oleh cepat atau lambatnya penanganan dalam penyembuhan penyakit tersebut. Yang menjadi penyebab seseorang terserang penyakit flek paru-paru adalah karena terdapat sebuah bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis.

Mycobacterium Tuberculosis

Bakteri Mycobacterium tuberculosis ini dapat dengan mudah menyebar dan menular ke orang lain. Cara penyebaran dan penularan dari bakteri Mycobacterium tuberculosis ini adalah bisa terjadi bilamana seseorang yang menderita penyakit TBC batuk dan menyemburkan dahak atau ingus.

Beberapa kasus pernah terjadi menyatakan bahwa terkadang seseorang yang terserang oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis ini, mereka tidak sadar kedapatan bakteri tersebut. Hal ini di karenakan bakteri Mycobacterium tuberculosis ini menjadi tidak aktif selama beberapa tahun. Bakteri tersebut mengendap dan akan kembali aktif lagi setelah beberapa tahun kemudian.

Gejala Flek Paru-Paru

Kamu harus mengetahui beberapa gejala yang mungkin menjadi penanda bahwa seseorang terkena penyakit flek paru-paru. Biasanya, seseorang yang terkena penyakit flek paru-paru akan mengalami batuk berdahak selama tiga minggu tiada henti. Terkadang, setelah tiga minggu batuk berdahak, seseorang penderita penyakit flek paru-paru akan mengalami demam yang cukup tinggi sehingga menyebabkan dirinya mengalami penurunan berat badan serta nafsu makan berkurang.

Tipe Orang Mudah Terserang TBC

Ada beberapa tipe orang yang bisa dengan mudah terkena penyakit TBC.

  1. Lansia dan Balita
  2. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  3. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol.
  4. Sering merokok.
  5. Tinggal di lingkungan padat penduduk dan kumuh.
  6. Pekerja medis yang menangani pasien flek paru-paru.

Nah itulah ulasan singkat mengenai penyakit flek paru-paru atau TBC. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *