Bagi banyak orang munculnya jamur di sekitar rumah merupakan gangguan yang cukup menyulitkan. Terkadang jamur yang muncul disekitar rumah tidak hanya berada di luar namun juga kadang ada di dalam rumah. Biasanya munculnya jamur ini dikarenakan lingkungan yang basah dan lembap, apalagi jika kita menghadapi musim hujan, tentu jamur akan berkembang dengan sangat cepat bila tidak segera dihadapi. Sebelum kita mengetahui lebih dalam mengenai penyebab dari munculnya jamur ada baiknya kita harus mengetahui jenis-jenis jamur yang biasanya ada di sekitar kita dan membahayakan anggota keluarga kita.

Jenis Jamur Beracun Yang Tumbuh Di Rumah

Beberapa jamur beracun yang biasanya muncul di lingkungan luar rumah diantaranya adalah

Jamur Supa Kakabu

Jenis jamur yang sangat beracun, bentuk dari jamur ini tubuhnya menyerupai payung dengan tudung tebal dan berbentuk bulat. Jamur ini biasa tumbuh di tanah berhumus ataupun berada di pinggir kebun atau pekarangan rumah.

Jamur Kortinarius

Jamur yang beracun dengan ciri-ciri tudung seperti parung berwarna kecoklatan dan tubuhnya juga berwarna putih kecoklatan. Habitat hidupnya biasana di tanah yang berhumus.

Jamur Amanita

Jenis jamur ini merupakan jamur beracun yang tidak dapat dimakan, bentuk fisiknya tubuhnya seperti payung dan berwarna dari coklat hingga merah dengan ada bintik-bintik putih diatas payungnya. Jamur ini biasanya tumbuh pada dedaunan yang gugur di atas tanah atau dihutan. Jenis racun yang dihasilkan oleh jamur ini biasanya digunakan untuk melapisi senjata seperti tombak.

Jamur Laktarius

Jamur beracun dengn ciri fisik seperti payung terbuka keatas dengan warna kecoklatan hingga biru, hidupnya di pekarangan rumah.

pixabay.com

Jenis Jamur di Tembok Rumah

Selain jamur yang biasa muncul di luar lingkungan rumah ada juga jenis jamur yang sering muncul di dinding atau tembok rumah, beberapa jamur yang sering ada di tembok rumah antara lain

Jamur tembok Aspergillus

Merupakan jamur di tembok rumah yang bisa membahayakan anggota keluarga kita karena bisa mengganggu pernafaan, biasanya jamur ini ada pada sekat-sekat rumah. Warna dari jamur ini mulai dari warna coklat hingga warna hitam yang muncul di dinding.

Jamur Tembok Aureobasidium

Jamur jenis ini sering kali kita temukan di dinding dengan wallpaper atau di furniture berbahan kayu. Ciri dari jamur ini aadlah berbintik pada tembok dengan warna pink hingga hitam

Jamur Tembok Cladosporium

Jamur ini sangat mudah untuk di deteksi karena warnanya yang hijau dan juga sering tumbuh pada tembok dan juga bisa tumbuh di bawah karpet atau kain yang sudah tua, namun kita biasa melihatnya di tembok dengan kelembapan tinggi.

Jamur dinding Pink Mold

Jamur pink mold sering tumbuh di sekitar kamar mandi, bentuknya berbintik-bintik dan menempel pada dinding atau keramik dinding kamar mandi. Sebenarnya ini bukan merupakan sejenis jamur namun ini merupakan bakteri yang memiliki nama Serratia Marcescens. Timbulnya bakteri ini biasanya karena adanya sisa-sisa sabun atau sampo yang ada di kamar mandi. Bahaya dari bakteri ini adalah bisa menyebabkan infeksi pernafasan.

pixabay.com

Penyebab Muncul Jamur Di Rumah

Lalu kenapa sich jamur-jamur ini bisa muncul di luar dan di dalam rumah? Alasan paling mendasar adalah jamur merupakan tumbuhan yang senang dengan daerah lembap, sehingga jamur akan sangat mudah berkembang biak. Selain itu ada beberapa penyabab lain mengapa jamur bisa muncul di lingkungan rumah kita

  1. Munculnya jamur di lingkungan luar rumah biasanya dikarenakan kelembapan tanah atau tanah yang ditumbuhi jamur tersebut merupakan tanah berhumus dan lembap. Lembap disini maksudnya adalah daerah yang basah namun tidak terlalu basah, terkadang jamur muncul di kayu yang mati atau di dedaunan yang telah gugur di tanah. Didalam kayu yang mati atau dedaunan yang mati masih tersimpan air yang cukup bisa membuat tanah menjadi lembap sehingga jamur dengan mudah berkembang biak.
  2. Jika jamur yang muncul di dalam rumah ada beberapa kemungkinan jamur bisa berkembang
  3. Sirkulasi udara yang kurang baik

Sirkulasi udara didalam rumah yang kurang baik akan sangat mempengaruhi perkembangan dari jamur, namun apabila kita menambahkan lebih banyak ventilasi udara di dalam rumah maka kita bisa memperbaiki sirkulasi udara yang ada.

  1. Kebocoran genteng

Kebocoran pada genteng rumah dan meresap kedalam dinding dalam rumah bisa menjadi penyebab jamur muncul di dinding rumah kita, karena dinding yang lembap akan sangat disukai oleh jamur

pixabay.com
  1. Bak air di kamar mandi

Apabila jamur yang muncul ada di kamar mandi kemungkinan besar karena design dari kamar mandi kita kurang tepat dimana kamar mandi kita ada bak air di dalamnya. Bak air didalam kamar mandi menjadi penyebab utama kenapa jamur bisa datang, bak air yang tidak ditutup menjadikan daerah sekitarnya memiliki kelembapan yang tinggi sehingga jamur bisa berkembang biak

Itulah beberpa penyebab munculnya jamur yang ada di luar dan di dalam lingkungan rumah, jamur ini merupakan jamur yang bisa mengganggu kesehatan anggota keluarga kita jika tidak langsung dibersihkan. Kita bisa menjaga kebersihan dinding rumah kita dengan rutin membersihkan dinding dirumah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *