Salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu selain sepak bola adalah futsal. Bedanya adalah jumlah tim pada permainan futsal yang hanya terdiri dari lima orang termasuk penjaga gawang. Sama seperti yang dilakukan pada permainan sepak bola, futsal juga dimainkan dengan mengumpulkan poin dengan mencetak gol. Namun jika anda ingin bermain olahraga satu ini, maka ada baiknya untuk memahami peraturan futsal. Berikut ulasan selengkapnya.

Peraturan Permainan Futsal yang Wajib Anda Tahu

1 Aturan Mengenai Ukuran Lapangan Futsal

Meskipun memiliki bentuk persegi panjang dan sama dengan sepak bola , permainan futsal memiliki beberapa aturan lapanganya. Anda tidak bisa seenaknya untuk membuat lapangan futsal tersebut. Menurut FIFA aturan lapangan futsal ini harus memiliki panjang 25 hingga 2 meter dengan lebar 15 – 25 meter. Sementara itu ada garis pembatasnya yang memiliki lebar 8 cm. Garis batas ini juga berlaku untuk garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung ujung dan garis melintang di tengah lapangan.

Sementara itu lingkaran tengah lapangan memiliki diameter kurang lebih 6 meter. Untuk daerah penalty ini memiliki busur yang berukuran 6 meter untuk setiap gawangnya. Sementara itu garis penalty juga berada 6 meter dari tengah garis gawang. Garis penalty kedua memiliki jarak 12 meter dari tengah garis gawang. Untuk peraturan futsal untuk zona pergantian juga harus memiliki jarak 6 meter dengan 3 meter pada setiap garis tengah lapangan.

  1. Aturan Ukuran Bola Futsal

Perlu diketahui jika bola futsal ini agak berbeda dengan yang digunakan untuk permainan sepak bola. Bola yang digunakan untuk permainan sepak bola harus lebih keras dari bola futsal, karena permainan sepak bola memiliki lapangan yang luas sehingga mengharuskan pemain untuk menendang bola dengan keras. Namun aturan bola dalam permainan futsal haruslah lebih kecil dari permainan sepak bola.

Berat untuk bola futsal pun jauh lebih ringan dan terkesan empuk sehingga bola tidak akan memantul lebih tinggi. Diameter untuk bola futsal sendiri berkisar antara 62 hingga 64 cm dengan berat berkisar 400 gram hingga 440 gram. Jika bola pecah saat permainan, maka mau tidak mau permainan harus dihentikan sementara. Biasanya bahan yang digunakan berasal dari kulit atau bahan yang aman dan tidak berbahaya.

  1. Aturan Mengenai Jumlah Pemain Futsal

Jumlah pemain dalam permainan futsal jauh lebih sedikit dari permainan sepak bola. Dalam satu timnya hanya terdapat 5 pemain termasuk penjaga gawang. Sehingga antar pemain harus bekerja sama dan menyesuaikan posisi dan kondisi bertahan sekaligus menyerang. Ukuran lapanganya yang kecil adalah salah satu faktor peraturan futsal ini ditetapkan. Apalagi para pemain futsal ini akan mudah untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Untuk cadangan sendiri permainan ini hanya menyediakan 2 orang saja. Sementara batas pergantian pemain dalam futsal tidak terbatas. Aturan pergantian pemain ini boleh dilakukan untuk memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Untuk pergantian kiper sendiri hanya boleh dilakukan jika permainan telah berhenti dan tentunya mendapatkan izin dari wasit. Untuk wasit yang sah sendiri hanya terdapat 2 orang saja.

  1. Perlengkapan Permainan Futsal

Selama permainan berlangsung, maka pemain dianjurkan untuk mengenakan kaos yang sepadan dengan timnya. Para pemain dianjurkan untuk mengenakan kaos bernomor, celana pendek, kaos kaki, pelindung lutut dan alas kaki bersol karet. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu sepak bola. Biasanya para tim ini akan membeli kaos di jersey futsal printing yang menyediakan banyak sekali layanan pembuatan kaos futsal.

Peraturan futsal untuk tidak menggunakan sepatu bola di dalam lapangan ini karena akan merusak bagian atas lapangan. Perlengkapan lain yang dianggap akan mencederai pemain juga tidak diperbolehkan. Untuk penjaga gawang maka wajib untuk menggunakan sarung tangan agar bola bisa dilempar dengan akurat. Para pemain juga boleh untuk menggunakan aksesoris tambahan, namun yang paling penting adalah tidak membahayakan keselamatan orang lain.

  1. Peraturan Wasit dan Asisten Wasit

Wasit yang mengawasi berjalannya permainan pun juga memiliki aturan yang wajib untuk dipatuhi. Wasit akan berdiri di sepanjang garis lapangan dan ia akan terus berlari mengikuti gerakan bola sambil mengamati jalannya pertandingan. Adanya wasit inilah yang akan menentukan adanya pelanggaran atau tidak oleh para pemain. Warna kostum wasit pun juga harus berbeda dengan kostum yang dikenakan oleh para pemain.

Seorang wasit juga memiliki hak untuk memutuskan apakah pertandingan bisa dilanjutkan atau tidak. Ia juga memiliki peran yang sangat penting untuk mengawasi para pemain yang melakukan kesalahan atau tidak. Sementara asisten wasit akan membantu wasit utama saat pertandingan sedang berlangsung. Asisten wasit juga harus menegakkan peraturan futsal yang sudah ada. Posisi asisten wasit ini berada di sebelah lapangan dimana wasit utama berada.

  1. Pelanggaran dan Sanksi dalam Futsal

Ada beberapa pelanggaran dan sanksi yang akan diberikan kepada para pemain futsal. Pemain yang melakukan kesalahan maka akan diperintahkan wasit untuk meninggalkan lapangan. Pelanggaran lain yang bisa berakibat fatal adalah penendang yang menyentuh bola kedua kalinya sebelum tersentuh oleh pemain lainnya, maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan. Namun dilakukan dari tempat terjadinya pelanggaran.

Namun jika pelanggaran di lakukan oleh pemain di dalam daerah penalty lawan, maka tendangan bebas tidak bisa langsung dilakukan dari garis daerah penalty. Namun tendangan bebas dilakukan dari tempat terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut. Untuk semua prosedur kick off pemain, maka kick off akan dilakukan kembali atau diulangi.

  1. Waktu Pertandingan Futsal

Lama pertandingan futsal ini normalnya memiliki durasi 2 kali 20 menit. Sementara untuk waktu istirahat adalah 10 menit dengan waktu perpanjangan sekitar 2 kali 10 menit. Adu penalty akan dilakukan jika jumlah gol kedua tim imbang saat perpanjangan waktu selesai. Waktu time out sendiri hanya ada 1 kali per babak dan tidak memiliki waktu tambahan. Sementara peraturan futsal untuk pergantian babak maksimal ialah 10 menit.

Bermain futsal memang sangatlah menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa stress setelah lelah seharian. Namun ada baiknya dalam melakukan permainan ini anda harus mematuhi peraturan yang ada. Sehingga permainan futsal bisa berjalan dengan lancar dan tidak memiliki kendala apapun. Anda bisa membaca terlebih dahulu aturan dalam permainan futsal sehingga tidak melakukan pelanggaran di tengah permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *