Sungai dareh merupakan salah satu sungai yang memiliki potensi yang cukup besar di kawasan sumatera. Sungai ini memiliki potensi yang cukup besar. Besarnya potensi yang ada di sungai ini membuat banyak warga setempat yang memanfaatkan potensi sungai ini untuk berbagai keperluan. Sungai ini memiliki aliran yang cukup panjang. Memiliki karakteristik yang cukup tenang membuat sungai ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Oleh karena itu sungai ini menjadi salah satu sungai yang berpotensi untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari. Pemanfaatannya yang cukup luas membuat sungai ini menjadi salah satu sungai yang potensial di kalangan warga setempat.

Pemanfaatan Sungai Dareh

Sungai dareh memiliki produk yang cukup khas yang tidak bisa dibandingkan dengan sungai lainnya yang ada di indonesia. Sungai ini memiliki produk yang menjadi identitas asli dari sungai bagi warga setempat. Produk unggulan dari sungai ini adalah berupa kerajinan batu mulia.kerajinan baru mulia yang berasal dari sungai ini memiliki kualitas yang cukup bagus. Popularitas dari batu mulia yang erasal dari sungai ini membuat batu asli dari sungai ini menjadi salah satu produk yang diunggulkan dan dibudidayakan secara maksimal oleh warga setempat. Sehingga produk dari batu mulia khas sungai dareh menjadi salah satu mata pencaharian utama dari warga setempat untuk mencari dan membuat kerajianan dari batu mulia tersebut.

Sering dinamakan sebagai batu hijau dari sumatera, batu asli dari sungai dareh dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk dibuat perhiasan. Bagi kolektor batu mulia, batu khas sungai dareh memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga bagi para kolektor tidak boleh dilewatkan untuk memiliki batu permata khas sungai dareh yang istimewa. Kilai cahaya dari batu hijau ini menarik minat para kolektor untuk memilikiya. Keindahan kilau cahaya dari batu mulia khas sungai dareh membuat batu ini memiliki ilai jual yang cukup tinggi. Keunikan dari corak batunya ketika diasah membuatnya menjadi salah satu batu mulia yang cukup diminati oleh warga setempat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *