Mungkin kerap ita lihat anak nyamuk selalu berada di genangan air yang sudah lama, bahkan jumlahnya tidak sedikit. Disisi lain nyamuk jugaa memiliki sistem daur hidup yang berkelanjutan, oleh sebab itu proses pengembang biakanya harus dicegah sebisa mungkin. Hal ini dilakukan agar kita terhindar dari ancaman yang ada pada nyamuk itu sendiri.

Inilah proses nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk, untuk lebih jelasnya tentang telur nyamuk simak ulasan berikut:

  • Proses Perkawinan

Ketika nyamuk akan melakukan perkawinan, nyamuk jantan akan membuat sarang baru, dan nyamuk betina akan mengikuti sarang yang sudah dipilih oleh pejantan tersebut. Setelah nyamuk pejantan keluar dari sarang barulah nyamuk betina akan mengikuti. Pada saat inilah keduan nyamuk akan melakukan perkawinan agar dapat memproduksi telur.

  • Proses Peneluran

Sebelum bertelur, nyamuk betina akan mencari tempat –  tempat lembab dan terdapat airnya. Pasalnya, jika airnya tidak mencukupi, maka akan dapat merusak telur – telur yang dikeluarkanya. Satu kali produksi, nyamuk bisa mengeluarkan telur sekitar 200 hingga 300 butir.

  • Proses Penetasan

Setelah telur diletakkan pada genagan air, dalam jangka perkiraan dua hari telur tersebut akan menetas menjadi jentik – jentik kecil. Dalam posisi ini, jentik dapat hidup didalam air, dan menunggu proses selanjutnya menjadi pupa kurang lebih sekitar delapan hingga sepuluh hari.

  • Proses dari Pupa Menjadi Nyamuk

Pupa adalah jentik yang tadinya adalah telur. Karena berbagai tahap sudah dilalui, maka jentik berubah menjadi pupa. Pupa akan mengalami prosesnya di air sekitar 2 hingga 3 hari, setelah itu ia akan berubah menjadi anak nyamuk kecil yang siap terbang melanjutkan kehidupan.

Nyamuk yang sudah berkeliaran akan segera mendaur ulang kehidupanya, nyamuk – nyamuk baru akan memproduksi telur untuk di tetaskan menjadi nyamuk lagi. Olehsebab itu, perkembangan jumlah nyamuk di dunia cukup besar dalam waktu yang singkat.

Demikianlah informasi tentang telur nyamuk yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, dan menjadi pengetahuan baru yang bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *