Memiliki usaha sampingan dengan modal kecil  terkadang menjadi sesuatu yang sangat diimpikan bagi kebanyakan orang yang sudah memiliki aneka kebutuhan.

Orang yang memiliki berbagai macam kebutuhan biasanya akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya yakni selain bekerja sebagai seorang karyawan bisa dilakukan dengan cara mendirikan usaha kecil-kecilan yang biasa disebut sebagai usaha sampingan.

Nah! Bagi kebanyakan orang yang ingin memiliki usaha sampingan, terkadang baru keinginan saja sudah pesimis, nih! Contoh, waduuh! Nanti gagal gimana, ya? Nanti aku nggak punya waktu banyak trus gimana, dong? Aku pengen mendirikan usaha sampingan yang modalnya kecil tapi bingung.

Nah! Buat kamu yang dihantui oleh berbagai macam kekhawatiran karena bingung mau usaha sampingan apa, artikel ini akan membahas tentang rekomendasi usaha sampingan modal kecil yang menjanjikan.

1.      Membuka Jasa Desain Grafis

Poin pertama yang harus kamu coba dari usaha sampingan dengan modal yang kecil meski kamu bukan anak dari jurusan grafis, asal kamu tahu saja bahwa untuk bisa mendesain itu sangat mudah, lho!

Terlebih buat kamu-kamu yang lebih dominan bekerja dengan menggunakan otak kanan. Tentu seni adalah hal yang sangat diunggulkan. Terlebih jika kamu menuangkannya dalam bidang jasa yang satu ini.

Selain bisa menghasilkan uang jajan, untuk dapat mendesain pun kamu dapat belajar secara otodidak, gengs. Apa lagi jika kamu membuka jasa desain grafis. Bukan dengan modal kecil lagi namanya, kamu bisa membuka peluang usaha sampingan ini secara gratis.

2.      Menjual Makana Ringan

Bisa dibilang kebutuhan manusia akan jasmani yang disebut dengan makan dan minum ini tidak akan ada punahnya ya, gengs. Selama makhluk hidup masih ada di muka bumi ini maka tidak menutup kemungkinan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan energinya dengan makan dan minum.

Nah! Buat kamu yang ingin membuka usaha sampingan dengan modal kecil, bisa kok buka usaha sampingan dengan berjualan aneka macam makanan ringan atau minuman. Meski di zaman serba digital ini sudah sangat banyak sekali dijual makanan, untuk menarik perhatian pembeli kamu bisa sedikit berinovasi dengan rasa atau kreativitas keunikan tampilan makananmu.

3.      Menjadi Driver Ojek Online

Bisa dibilang di zaman serba digital ini kebutuhan manusia semakin meningkat baik dari segi uang maupun transportasinya, maka kamu dapat memenuhi kebutuhan yang memerlukan uang dengan cara mendirikan usaha sampingan dengan modal yang kecil.

Salah satu usaha sampingan dengan modal kecil yang dimaksud pada poin tiga ini adalah menjadi driver ojek online. Yups! Buat kamu yang ingin memenuhi aneka kebutuhan, menjadi ojek online itu tidak ada salahnya, gengs! Selain karena persaingan yang ketat, kamu bisa menjadi seorang driver ojek online hanya dengan bermodalkan ponsel pintar saja. Bagaimana? Sangat kecil bukan modalnya?

4.      Membuka Jasa Laundry

Kamu punya mesin cuci di rumah? Nha! Dari pada kamu nganggur di jam kosong, mengingat ada mesin cuci di rumah, buka usaha laundry saja.

Usaha sampingan berjudul laundry ini bisa dikata sangat kecil modalnya karena kamu hanya bermodalkan detergen yang bisa kamu beli  mulai dari seharga Rp 500 saja. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa tingkatkan pendapatan dari usaha laundry ini dengan cara menerima jasa antar jemput pakaian para pelanggan.

5.      Jual Pulsa

Selain rekomendasi usaha samingan dengan modal kecil keempat poin di atas, kamu dapat pula menjadikan jual pulsa sebagai opsi berikutnya. Jual pulsa ini bisa dikatakan slah satu usaha yang kecil modalnya, lho! Kamu hanya perlu sebuah ponsel dan juga pengisian ulang pulsa saja sebagai modal utama untuk jualan pulsa di usaha sampingan bermodal kecil.

6.      Jasa Penulisan Artikel

Percaya atau tidak, dari tulisan yang termasuk keterampilan alamiah setiap manusia ini bisa menghasilkan uang dari usaha sampinga tanpa modal, lho!

Jika kamu adalah seorang yang hobi menulis atau membaca, bisa kok menjadikan jasa penulisan artikel sebagai salah satu usaha sampingan dengan modal kecil. Bahkan kamu hanya bermodalkan otak dan laptop saja kamu sudah masuk ke kategori orang yang membuka usaha sampingan dengan modal kecil bahkan nyaris tanpa modal.

7.      Agen Marketing Umroah dan Haji

Kenapa menjadi agen umrah dan haji menjadi salah satu daftar usaha sampingan dengan modal kecil? Yups! Hal ini dikarenakan menjadi agen umrah dan haji selain dapat dijadikan sebagai usaha sampinga, keuntungan yang didapat juga tidak main-main, lho!

Biasanya, sekali kamu dapat orang yang mau berangkat haji atau umrah ke baitullah maka kamu akan mendapat imbalan yang cukup besar dari usaha sampinganmu ini. Terkadang dengan usaha sampingan ini tergolong menggiurkan namun pendapatan jamaahnya pun bisa dibilang tidak semudah berjualan makanan dan minuman.

Nah! Itulah daftar berbagai macam usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa dicoba oleh siapa saja. So, setelah tahu bahwa usaha-usaha bermodal kecil itu sangat mudah dilakukan dan cukup menguntungkan, apakah kamu sudah siap menghasilkan untung tambahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *