Gulai kambing merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki citarasa yang sangat luar biasa. Citarasa khas dari daging kambing serta kesegaran kuah yang berasal dari bumbu rempah-rempah khas Indonesia menjadikan gulai kambing sangat lezat dan banyak diminati. Gulai kambing juga sangat mudah ditemukan di berbagai rumah makan di Indonesia. Dan uniknya setiap daerah memiliki resep gulai kambing yang bermacam-macam salah satunya adalah gulai kambing khas Solo yang memiliki citarasa yang luar biasa. Iya gulai kambing khas Solo menjadi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Solo.

Resep Gulai Kambing Khas Solo

Solo memang terkenal dengan kulinernya yang sangat luar biasa, disini Anda bisa menemukan banyak kuliner salah satunya adalah gulai kambing Solo. Iya citarasa yang sangat khas dari gulai kambing ini memang menawarkan kelezatan yang luar biasa. Nah bagi Anda yang tidak sempat ke Solo untuk menikmati gulainya yang sangat lezat, maka Anda dapat membuatnya dengan resep sebagai berikut.

Yang pertama yakni siapkan bahannya terlebih dahulu mulai dari air, cabai merah, minyak sayur, daun jeruk, daun salam, sereh yang telah di geprek, kayu manis, cengkeh yang telah digeprek, santan kental. Kemudian bumbu yang harus dihaluskan yang terdiri dari lada bulat, ketumbar, jinten putih, kelabet, kepulaga hijau, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan biji pala. Adapun cara memasaknya yakni sebagai berikut:

  • Panaskan air hingga mendidih di dalam panci, kemudian masukkan daging dan biarkan hingga mendidih lagi. masukkan daun salam, daun jeruk, kayu manis, dan cengkeh secukupnya.
  • Kemudian panaskan minyak sayur dalam wajan, masukkan serai, dan goreng hingga baunya harum. Masukkan juga bawang bombay dan tumis sampai layu.
  • Setelah itu masukkan bumbu halus, kemudian tumis terus sampai harum dan matang. Selanjutnya beri sedikit kuah dan aduk hingga merata.
  • Tuangkan bumbu ke dalam panci yang berisi daging tadi, kemudian rebus terus hingga daging menjadi empuk. Tambahkan cabai merah utuh, dan tuangkan santan kental, kemudian didihkan lagi.
  • Angkat gulai kambingkhas solo yang sudah siap untuk dihidangkan. Jangan lupa taburkan bawang goreng untuk menambah kelezatan dari gulai kambing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *