Martabak manis merupakan salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Rasa manis dan gurih dari martabak manis yang membuat camilan ini menjadi favorit. Selain itu, untuk makan martabak manis ini tidak perlu waktu khusus. Sepanjang hari selalu menjadi favorit. Bahkan, banyak penjual di pinggir jalan yang menjajakan camilan ini.

Tren kuliner saat ini juga mempengaruhi inovasi martabak manis. Dahulu martabak manis hanya 1 rasa atau paling banyak 3 rasa dan berlapis. Namun, saat ini martabak manis sudah menjadi camilan kekinian. Pada satu kue terdapat beberapa macam rasa. Selain itu, dari sisi adonan pun sudah mulai berkembang. Jika dulu selalu rasa orisinil, saat ini adonan kuenya mulai rasa-rasa yaitu pandan, red velvet dan cokelat.

Rasa yang nagih ini sebenarnya bisa kalian buat sendiri di rumah lho. Karena bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Selain itu, cara pembuatannya juga sangat mudah. Pada poin berikut, tipsberbagi akan membagikan resep martabak manis yang mudah dan sederhana. Sehingga bisa kalian praktekkan di rumah.

Simpel, Begini Resep Martabak Manis Kekinian

  1. Martabak Manis Mini

Martabak manis mini sama seperti halnya martabak manis lainnya. Hanya saja bentuknya yang kecil, yang hanya beberapa gigitan saja selesai. Resep martabak manis mini ini pada dasarnya sama dengan martabak manis juga.

Bahan-bahan untuk membuat martabak manis mini ini yaitu 220 gram terigu, 30 gram kanji, 60 gram gula pasir, garam secukupnya, 2 butir telur yang dikocok lepas. 60 gram margarin yang kemudian dilelehkan. 1 bungkus susu kental manis, ½ sdt fermipan, ¼ sdt baking powder, ½ sdt vanili dan ½ sdt soda kue.

pexels.com

Bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian dicampur satu persatu. Pertama terigu, kanji, vanili, gula, garam dan baking powder. Setelah tercampur rata, tambahkan campuran cairan sedikit demi sedikit hingga adonan mengental dan tidak menggumpal. Selanjutnya tambahkan susu kental manis dan fermipan lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Kemudian diamkan adonan selama 1 jam.

Adonan yang telah didiamkan selama 1 jam, tambahkan telur yang sudah dikocok lepas terlebih dahulu. Aduk hingga merata, dan tambahkan margarin cair dan aduk kembali hingga rata. Sambil mencampur telur dan margarin, panaskan cetakan martabak manis terlebih dahulu dengan menggunakan api kecil. Terakhir, masukkan soda kue ke dalam adonan dan campur hingga merata.

Adonan yang sudah jadi lalu disaring untuk menghilangkan adonan yang menggumpal. Hal ini dilakukan agar kue yang dihasilkan bertekstur lembut dan matang merata. Kemudian, cetak adonan pada cetakan martabak yang telah dipanaskan.

Jangan lupa untuk menekan bagian tengah adonan yang telah ada di cetakan agar membentuk bagian pinggiran yang krispi. Tunggu hingga adonan terdapat pori-pori kecil, kemudian tutup hingga adonan matang. Beri toping bagian atasnya sesuai selera Anda, dapat ditambahkan cokelat, keju, kacang atau kombinasi dari tiga topping tersebut. Martabak siap disajikan.

pexels.com
  1. Martabak Red Velvet

Salah satu variasi adonan martabak manis yang kekinian adalah martabak red velvet. Pada dasarnya, adonannya sama persis pada adonan martabak manis mini. Hanya saja, pada pembuatan adonan ditambahkan dengan pewarna makan red velvet atau merah cabai. Penambahan pewarna ini, dilakukan saat menambahkan margarin leleh. Kemudian diaduk hingga benar-benar teracampur rata.

Penambahan pewarna makanan warna yaitu sebanyak 10 tetes saja. Jika kebanyakan maka warna yang dihasilkan juga akan menjadi pekat dan menjadi tidak merata. Untuk topping martabak red velvet ini menggunakan biskuit Oreo yang dihancurkan kasar. Kemudian ditambahkan susu kental manis diatas dan keju parut. Kemudian sajikan seperti biasa.

  1. Martabak Pizza

Martabak pizza merupakan martabak yang paling populer saat ini. Umumnya martabak hanya memiliki toping paling banyak 3 macam. Namun, martabak pizza ini memiliki 8 jenis toping yang berbeda. Sehingga, Anda dapat menikmati martabak dengan 8 rasa berbeda. Sungguh menyenangkan bukan? Jadi, saat Anda nongkrong bareng akan tambah asyik karena bisa makan martabak manis rame-rame tapi beda rasa.

pickupimage.com
  1. Martabak Manis Oreo

Martabak manis oreo ini memiliki resep yang berbeda dengan martabak manis pada umumnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 bungkus oreo, 100 ml susu, 1 butir telur dan ¼ sdt baking powder. Untuk topingnya siapkan keju parut secukupnya dan 3 sdm margarin.

Cara membuatnya yaitu hancurkan oreo hingga halus. Tambahkan baking powder dan aduk hingga rata. Selanjutnya kocok lepas telur dan tambahkan pada adonan. Tambahkan susu sedikit demi sedikit dan aduk hingga benar-benar rata. Diamkan adonan selama 15 menit agar adonan mengembang. Panaskan cetakan martabak manis dengan api kecil. Kemudian cetak adonan hingga matang dan beri toping.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *