Beternak unggas merupakan salah satu mata pencaharian yang sangat familiar di Indonesia sejak jaman dulu. Iklim yang mendukung serta potensi keuntungan yang menjanjikan, membuat banyak orang memilih beternak unggas contohnya ternak bebek petelur. Selain memanfaatkan dagingnya, peternak bisa mendapatkan hasil yang menggiurkan dari penjualan telur bebek. Sudah tahukah anda biaya modal untuk beternak bebek?

 

Mengintip Biaya Modal Beternak Bebek Jenis Petelur

 

  1. Pembuatan kandang

 

Membuat kandang adalah modal utama untuk memulai usaha ternak bebek. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang, diantaranya ruang gerak yang cukup agar bebek tidak berdesakan saat makan dan minum, serta penerangan di dalam kandang dan sirkulasi udara. Tinggi kandang yang ideal untuk ternak bebek adalah sekitar 3 meter, dengan suhu ruang kandang yang tidak lebih dari 30 derajat Celsius.

 

Pastikan anda sudah mengukur luas lahan, untuk membuat kandang bebek yang awet dan cukup nyaman bagi bebek bebek yang anda ternakkan. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang ternak bebek petelur ini, adalah sekitar Rp 5 juta hingga 6 juta. Sedangkan biaya untuk membeli alat makan minum, dan alat untuk membersihkan kandang adalah sekitar 2 jutaan rupiah.

 

  1. Pembibitan

 

Setelah kandang bebek siap, saatnya anda menyiapkan bibit bebek jenis petelur yang unggul. Untuk memulai usaha ternak bebek ini, anda membutuhkan sebanyak 50 hingga 100 bibit bebek, atau bsia disesuaikan dengan luas lahan dan anggaran modal yang anda miliki. Beberapa jenis bebek yang merupakan petelur andalan, adalah bebek mojosari, bebek bali, bebek alabio, dan bebek khaki campbell.

 

  1. Pakan ternak dan vitamin

 

Bibit bebek unggul tidak akan menghasilkan telur yang berkualitas, tanpa pakan ternak yang bernutrisi. Anda bisa mencari sendiri pakan ternak alami untuk bebek misalnya keong, ikan rucah, cacing, atau membeli pakan bebek buatan pabrik yang kandungan gizi dan nutrisinya jauh lebih tinggi. Pakan bebek ini sangat berpengaruh pada kesehatan bebek bebek petelur anda, jadi pilihlah pakan dan vitamin yang kaya akan protein, mineral, dan sumber energi.

 

  1. Listrik dan air

 

Biaya listrik dan air juga harus masuk dalam rencana perhitungan modal, untuk memulai usaha ternak bebek petelur. Pastikan sumber listrik dan air untuk perawatan bebek bebek ini, mudah dijangkau dari lokasi kandang bebek ditempatkan. Kebutuhan listrik dan air untuk peternakan bebek ini, berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribuan per bulannya.

 

Jika anda sedang mempertimbangkan usaha peternakan dengan modal kecil, beternak bebek jenis petelur merupakan solusi yang tepat. Selain menghasilkan telur bebek yang cukup laris di pasaran, anda juga bisa memanfaatkan daging bebek yang banyak diburu warung warung makan kuliner bebek. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang, serta kesehatan bebek bebek yang anda miliki agar mampu bertelur maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *