ikan hias, dapat dijadikan sebagai hobi yang cukup menarik dilakukan. Keindahan tubuh dan warna ikan, menjadikan ikan hias banyak diminati. Salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara adalah ikan koki. Bentuknya yang hampir bulat sempurna dan ekornya yang menjuntai indah, membuatnya lucu jika diletakkan di aquarium hunian. Dibalik keindahannya, yuk ketahui fakta menarik dari si gembul ini.

Fakta Seputar Koki, Si Ikan Gembul

  1. Ternyata Memiliki Umur Panjang

Pada dasarnya, ikan hias satu ini mampu hidup cukup lama dibandingkan ikan hias lainnya. Menurut para ahli ikan ini mampu hidup selama 7 hingga 11 tahun, apabila dirawat dnegan benar dan sesuai dengan yang dianjurkan. Jika anda merawat ikan ini secara asal, tentu saja ikan akan mati dalam waktu singkat. Tidak hanya berlaku bagi ikan hias satu ini saja, namun semua jenis ikan yang tidak dirawat, tentu mengalami kematian lebih dini.

  1. Dapat Berubah Warna

Membeli anakan ikan koki memang menyenangkan, terutama jika ikan mampu hidup cukup lama menemani setiap harinya. Melihat pertumbuhan ikan yang sehat, tentunya ada kebanggaan tersendiri yag diterima. Ketika ikan beranjak dewasa, ikan hias satu ini akan berubah warna. Namun tenang saja, karena hal ini lumrah terjadi. Semakin memasuki usia renta, maka warna tubuhnya akan berubah menjadi putih.

  1. Mampu Menghasilkan Ribuan Telur

Seperti kebanyakan ikan lainnya, koki juga berkembang biak dnegan cara bertelur. Namun, jumlah telur yang diproduksi mencapai angka yang cukup fantastik, yaitu ribuan dalam sekali mengandung. Hanya saja, sang ibu koki seringkali terlihat memakan telurnya sendiri. Menurut dari para peneliti, tidak jarang pula sang ibu koki akan memakan telur yang akan menetas dalam waktu beberapa hari lagi.

  1. Miliki Ukuran Besar

Jika membeli anakan koi, tentu saja terlihat mungil dan menggemaskan. Terutama ketika ikan satu ini mulai berenang, pergerakkannya terlihat menggemaskan untuk dilihat. Namun jangan salah, ikan ini ternyata mampu tumbuh hingga panjang 30 cm. Walaupun tidak semua jenis koki bisa tumbuh hingga ukuran tersebut, namun perlu adanya untuk memperhatikan jenis koki apa yang hendak dibeli.

  1. Nenek Moyang Koki

Menurut para ahli di bidang ikan hias, mereka menyebutkan bahwa nenek moyang dari sang koki tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasaya. Dengan warna cerah sebagai ciri khasnya, ikan ini pun banyak diminati pecintanya. Tidak jarang pula masyarakat yang melakukan perkawinan silang untuk menghasilkan jenis ikan koki yang baru. Dari perkawinan silang inilah, berbagai jenis koki bermunculan di permukaan.

Memelihara ikan hias disebut sebagai penghilang rasa bosan ketika berada dirumah. Selain itu, memelihara ikan hias dirasa cukup mudah untuk dilakukan walaupun sebagai pemula. Dengan bentuknya yang gempul nan cantik, membuatnya semakin banyak diminati. Tidak jarang yang ingin memelihara ikan hias ini, adalah para ibu rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *