Kota Duri merupakan salah satu bagian dari Kecamatan Mandau, Bengkalis. Kota ini juga disebut sebut kota terkaya karena terdapat perusahaan besar di sini. Perusahaan besar seperti Chevro mengelola minyak yang sangat melimpah di Duri. Namun siapa sangka jika dibalik kotanya yang sering dijadikan kota Transit, Duri juga menyimpan wisata yang harus dikunjungi. Berikut wisata unggulan di Duri Riau yang wajib anda kunjungi.

Wisata Yang Harus Dikunjungi di Kota Duri, Bengkalis

  1. Hutan Adat Desa Kesumbo Ampai

Kota Duri memang menjadi destinasi belanja bagi para pelancong bahkan terdapat berbagai fasilitas seperti hotel yang memang telah dipersiapkan. Namun untuk berwisata silahkan saja mengunjungi tempat satu ini. Hutan Adat di Desa Kesumbo Ampai memiliki sumber daya hayati yang patut untuk dipertahankan. Berbagai tumbuhan seperti seminai, meranti, kayu kulim hingga kepayang bisa ditemui di hutan ini. Inilah yang membuat hutan ini tetap dipertahankan.

Namun di dalam hutan ini juga ada rumah adat suku Sakai yang juga digunakan sebagai meseum. Di dalam meseum anda bisa melihat bagaimana suku Sakai dalam kesehariannya. Baik itu dalam pakaian, alat perang hingga cerita adatnya. Tempat ini tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anda ketika mengunjungi kota Duri Riau. Selain berjalan jalan juga bisa sambil belajar kebudayaan yang sangat kaya ini.

  1. Wahana Air Harationica

Sejak diresmikan pada tahun 2018 lalu waterpark kebanggan warga Duri ini patut untuk anda kunjungi. Bahkan wisata satu ini telah ditunggu tunggu oleh masyarakat sejak lama. Dengan luas lahan sekitar 4,75 hektar membuat wahana yang ditawarkan Harationica sangat beragam. Anda bisa menjajal beragam wahana yang akan menantang adrenalin anda. Seperti kolam arus yang menjadi favorit wisatawan dengan kedalaman 180 cm.

Lazzy Pool ini mampu untuk menampung setidaknya 1000 orang. Jika anda ingin berenang tersedia juga kolam untuk dewasa yang memiliki luas 1062 meter dan kedalamannya 120 cm bisa menampung 400 orang. Selain itu juga ada Kolam Ombak yang luasnya 677 m dengan kedalaman 0 hingga 200 meter. Untuk anda yang membawa anak anak juga tersedia kolam untuk anak anak di Harationica Duri riau ini. Tiketnya mulai dari Rp. 60 ribu hingga Rp. 70 ribu di akhir pekan.

Memang belum banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini. Namun bukan berarti tidak ada karena cepat atau lambat akan banyak tempat yang dikembangkan. Jika anda menginjakkan kaki di kota ini selain bisa berbelanja, anda bisa mengunjungi kedua tempat di atas. Merasakan sensasi menjelajah bersama teman atau keluarga tentunya akan menyenangkan. Anda juga bisa menambah wawasan di hutan adat untuk bisa melihat suku Sakai dari dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *