Taplak digunakan untuk menutup meja sehingga akan nampak rapih. Pada meja makan, taplak juga berfungsi menciptakan kenyamanan, kebersihan dan keindahan.

Untuk hal ini, tidak boleh sembarangan memilih. Agar fungsi estetika dan kenyamananya terpenuhi, pilihlah taplak berdasarkan beberapa pertimbangan.

Cara Memilih Taplak Meja Makan

Mulai dari jenis bahan, corak, warna dan pertimbangan lain yang sekiranya dapat membuat meja makan lebih nyaman, bersih dan indah.Tips berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi memilih taplak yang cocok dengan kebutuhan anda.

  • Tips pertama, sesuaikan taplak dengan ukuran meja : pilihlah taplak yang ukuranya sesuai dengan ukuran meja makan anda. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jika ukuran taplak tidak sesuai dengan ukuran meja makan, maka akan menampilkan kesan jelek, tidak rapih dan brantakan meskipun warnanya mungkin serasi.
  • Tips kedua, pilih motif sesuai: pilihlah taplak yang memiliki motif, model dan desain sesuai ruangan anda. Kesesuaian motif, model san desain taplak dengan ruang, akan menciptakan nuansa serasi yang indah dan enak dilihat.
  • Tips ketiga, Sesuaikan dengan Budget :Belilah taplak sesuai budget anda. Jika menemukan taplak yang cocok dengan ukuran maupun desain interior ruanh makan anda, anda perlu membelinya meski harganya bisa saja lebih mahal.
  • Tips keempat, Pilih bahan berkualitas : pilihlah taplak dengan bahan berkualitas. Sehingga kuat, aman dan tahan lama.

Jenis taplak rekomendasi Untuk anda

Berikut ini rekomendasi taplak yang bisa anda gunakan untuk memperindah meja makan anda.

unsplash.com

Taplak Aksen Renda

Sempat populer di era 90an. Taplak meja dari renda cocok untuk mengganti ruang makan di hunian bergaya klasik dan tradisional.  Umumnya, hanya terdiri dari warna putih saja. Namun motif rendanya sangat beragam. Anda bisa mengkreasi taplak ini dengan meletakan taplak renda diatas kain warna kuning atau warna hitam agar tidak membosankan.

Taplak meja berbahan linen

Taplak berbahan linen merupakan salah taplak yang digemari. permukaanya lembut dan seratnya tidak gampang rusak. Taplak ini mudah dibersihkan dengan mesin cuci ketika terkena noda makanan atau minuman. Sehingga kebersihanya selalu terjaga.

Untuk memaksimalkan fungai estetika taplak ini, sesuaikan dengan tema interior ruang makan anda.  usahakan terlihat serasi. Taplak linen juga dapat menampilkan nuansa skandinavia dan rustic yang indah.

Table runner elegan

Table runner ini bentuknya persegi panjang, ukuranya lebih panjang dari meja makan dan tidak bisa menutupi keseluruhan meja makan. Posisinya diletakkan di tengah meja dan kedua ujungnya dibiarkan menjuntai ke bawah. Untuk mensiasati bagian permukaan yang masih nampak tidak tertutupi, sebaiknya sesyaika. Warna taplak meja dengan model meja makan agar tampil serasi meskipun warnanya sederhana.

Taplak meja motif garis

Motif garis selalu cocok diterapkan pada berbagai dekorasi, termasuk pada taplak meja. Taplak motif ini akan serasi diletakan pada meja berbentuk persegi atau bundar pada interior rumah minimalis, modern maupu kontemporer. Agar lebih serasi, motif garis juga bisa digunakan pada sarung bantal rumah anda.

unsplash.com

Taplak Meja Plastik

Taplak meja makan dengan bahan plastik cukup unik. Selain harganya relatif lebih murah, taplak plastik juga tidak gampang menyerap noda maupun air sehingga lebih mudah dibersihkan meskipun taplak plastik tidak perlu terlalu sering dicuci. Ada banyaj motif dan desain yang bisa anda pilih dari taplak plastik ini. Seperti desain kotak-kotak yang cukup populer dan diminati.

Taplak Cantik dengan Motif Bunga

Taplak meja makan satu ini punya motif bunga yang cantik. Meski hanya memanfaatkan beberapa warna, namun nampak sangat cantik untuk sebuah taplak meja.

Taplak Sutra

Taplak meja makan sutra kualitasnya bagus. Namun biasanya, tidak bisa digunakan pada acara acara biasa.  Biasanya digunakan ketika acara formal seperti pernikahan dan lainya. Taplak ini bisa digunakan pada meja makan jati yang mewah atau meja makan sejenis lainya.

Taplak meja makan Vinyl

Anda bisa menggunakan bahan Vinyl untuk taplak meja makan. Bahan satu ini  cocok di gunakan sebagai taplak untuk meja makan outdoor. Pakailah taplak ini untuk kegiatan keluarga yang bertempat di luar ruangan.

Taplak meja makan  Vinyl memiliki beberapa kelebihan. Antara lain, tahan lama terhadap air, tahan dibawah terik matahari dan gampang sekali dibersihkan.

unsplash.com

Taplak meja makan Katun

Bahan ini cukup bagus untuk taplak meja makan dan harganya pun cukup terjangkau. Meski mudah menyerap noda maupun kotoran, taplak meja makan katun  menghasilkan tampilan sederhana namun cantik.

Taplak meja Makan Rajut

Taplak meja makan rajut tidak bisa untuk.menahan air, sehingga agak rentan kotor. Namun, memiliki tampilan minimalis tapi sangat cantik bagi meja makan.

Taplak Meja Minimalis Berbahan Polyester

Taplak meja makan minimalis dengan bahan polyester. Sebenarnya, bahan ini hampir sama dengan bahan katun. Bedanya, polyester lebih mengkilap. Desainya sederhana,  mengunakan konsep minimalis membuat taplak meja ini tampil memukau.

Tapi, taplak meja yang satu ini lebih cocok untuk meja makan formal seperti di acara-acara resmi ataupun di restoran.

Itulah beberapa jenis taplak meja makan yang bisa anda pilih untuk mempercantik meja makan dan interior anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *