Indonesia memang kaya akan obyek wisatanya yang menarik, tidak heran negara kita menjadi destinasi para traveller. Ketika mendengar kata Bali, tempat wisata yang langsung terbayang adalah pantai kuta Bali.   Namun tahukah kamu bahwa masih banyak tempat destinasi wisata di Bali yang tak kalah cantik ? Sebagai tempat yang menonjolkan pariwisatanya, tentu pulau Bali memiliki sejuta destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Simak tempat wisata Bali yang anti mainstream berikut !

Beberapa Tempat di Bali yang Anti Mainstream

  1. Desa Adat Penglipuran

Berkunjung ke Bali, tidak lengkap apabila tidak menikmati keindahan adat disana. Bali memang terkenal sebagai sebuah pulau, yang sangat masih kental dengan kebudayaannya. Salah satu desa yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan adalah Desa Adat Penglipuran. Desa ini berada di Kelurahan Kubu, Bangli.  Tempat ini menawarkan berbagai keindahan rumah adat, serta kehidupan warga setempat yang masih mengusung tata kebudayaan Bali.

Para traveller dapat mengelilingi desa Penglipuran ini, ditemani dengan suasana asri yang tenang dan asri. Setelah puas berkeliling, wisatawan dapat menambah pengalaman dengan mengikuti kursus tari, mempelajari kebudayaan Bali, hingga melihat upacara adat setempat. Seluruh pengalaman tersebut menjadi momen berharga, yang pasti tidak akan mudah terlupakan.

stocksnap.io
  1. Pura Besakih

Seperti yang kita tahu Bali adalah Pulau sejuta Pura, oleh karena itu hampir di seluruh tempat kamu dapat melihat megah dan indahnya bangunan yang juga menjadi tempat ibadah warga Bali ini. Salah satu tempat wisata Bali yang tak boleh dilewatkan adalah Pura Besakih, sebuah tempat ibadah terbesar di Indonesia.

Selain nilai sejarahnya yang tinggi, Pura Besakih juga terkenal dengan kondisi arsitektur unik dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah disekitar pura.  Pura ini berada di Desa Besakih, Karangasem. Untuk mencapainya kamu hanya perlu menempuh jarak 23 km dari Gunung Agung.

Perlu diingat karena Pura Besakih merupakan tempat ibadah, sebaiknya gunakan pakaian yang sopan ketika mengunjungi tempat ini. Untuk para wisatawan pura ini akan dibuka pukul 08:00 hingga 17:00, namun jika kamu datang untuk bersembahyang maka Pura Besakih ini buka seharian penuh atau 24 jam.

stocksnap.io
  1. Ladang Bunga Marigold

Wisata bunga saat ini tengah menjadi tempat yang hits bagi para millenials, ladang yang membentang luas ditemani dengan cantiknya warna-wani bunga tentu menjadi tempat yang instagramable. Apabila kamu mencari tempat dengan ciri ciri tersebut, Ladang Bunga Marigold ini pilihannya.

Tempat wisata Bali ini akan membawamu menuju taman yang luas, dengan bunga bunga kuning yang cantik menutupi seluruh taman. Kondisi lading yang selalu tumbuh subur sepanjang tahun inilah, yang membuat penduduk setempat menyebut tempat ini dengan nama ‘marigold’.

Bunga yang ada di ladang bunga marigold ini adalah bunga gemitir, yaitu bunga yang dipakai sebagai sarana bersembahyang umat Hindu. Oleh karena itu sangat dilarang bagi para wisatawan lokal maupun manca negara untuk memetik bunga ini. Menurut kepercayaan warga Bali, bunga gemitir berasar dari darah dewi cantik jelita berkulit kuning yang bernama Bhatari Durga. Ada pula yang mengatakan warna emas yang dimiliki bunga gimitir, mencintrakan sang Dewa Bali yaitu Hyang Widhi.

stocksnap.io
  1. Air Terjun Jembong

Berwisata di Bali tentu tidak lepas dengan bermain air, mulai dari pantainya yang berlimpah hingga air terjun yang megah. Bagi para wisatawan backpacker, air terjun Jembong adalah salah satu wisata air terjun yang wajib dikunjungi. Apalagi tempat wisata di Bali ini tidak dikenakan biaya masuknya atau gratis.

Meskipun begitu, warga setempat telah memberikan sebuah kotak untuk tempat sumbangan seikhlasnya dari para wisatawan. Sumbangan tersebut nantinya akan digunakan untuk menambah fasilitas di tempat wisata Bali ini. Air terjun yang terletak di Desa Ambengan, Buleleng ini memiliki kemiringan derajat yang berbeda yaitu 75 derajat. Kondisi kemiringan tersebut membuat aliran jatuhnya air menjadi lebih cantik,

Untuk mencapai kawasan air terjun ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 15km dari kawasan wisata Begudul. Jalur lainnya adalah kamu dapat mencapai air terjun Jembong dengan jarak sekitar 65 km dari Denpasar. Meski memakan jarak yang cukup jauh, namun panjangnya jarak tersebut akan terbayarkan ketika melihat megah dan cantiknya air terjun Jembong.

  1. Bali Swing Ubud

Bagaimana rasanya bermain ayunan diatas ketinggian hingga 35 meter ? bagi yang suka untuk menguji adrenalin, maka tempat ini akan cocok untuk kamu. Sesuai namanya, Bali Swing adalah sebuah destinasi wisata yang menyediakan sebuah ayunan. Namun ayunan yang diberikan disini bukanlah ayunan pada umumnya. Ayunan ini diletakkan pada ketinggian 35 meter dari permukaan tanah.

Destinasi wilayah ini terletak di jalan Dewi Saraswati, Desa Bongkasa, Abiansema, Badung. Selama bermain ayunan, di tempat wisata Bali ini kamu akan terasa seperti terbang ditengah hamparan hutan, kebun, dan sungai. Dengan setiap hembusan angin setiap kamu berayun, suasana tenang perhutanan serta suara aliran sungai yang jernih dapat menjadi obat penghilang stress yang efektif.

Berbicara tentang wisata Bali, pasti tidak ada habisnya. Pulau yang menjadi salah satu kebanggan Indonesia ini terkenal dengan kekayaan alam serta budayanya yang indah dan menakjubkan. Pulau Dewata ini memang terkenal dengan pantainya yang indah, namun ternyatamasih banyak lagi tempat wisata di Bali yang layak untuk dikunjungi. Melihat beberapa tempat tersebut, apakah kamu ingin segera mengunjunginya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *