Apakah Anda pernah berfikir mengenai seberapa banyak jumlah negara di dunia? Pertanyaan ini tentunya sudah sangat klasik. Namun, siapa sangka ternyata jawaban yang selama ini sering kita dengar ternyata keliru. Sering kali kita tertipu dengan jumlah negara karena adanya perbedaan makna definisi dari negara.

 

Jumlah Negara Saat Ini

Terkait pertanyaan total jumlah negara di dunia, maka PBB menjawab ada sejumlah 193 negara. Akan tetapi jumlah tersebut hanya berdasarkan definisi dari negara berdaulat. Adapun makna berdaulat adalah sebuah negara yang memiliki wilayah dengan perbatasan jelas dan pemerintahan yang bersifat independen. Di dalam catatan PBB sendiri masih ada dua negara yang statusnya belum resmi negara berdaulat. Negara tersebut adalah Vatikan dan Palestina.

 

Selain dua negara tersebut yang masuk ke dalam pengawasan, masih ada negara lain yang sebenarnya dipertimbangkan. Namun, mereka belum diakui sebagai sebuah negara secara internasional. Meskipun demikian, mereka tetap menjalankan negara yang telah didirikan tersebut secara independen. Ketiganya adalah Somaliland, Transnistria, dan Nagorno-Karabakh.

 

Pentingnya Pengakuan Internasional Atas Sebuah Negara

Sebuah negara yang telah mengaku berdiri tidak akan ada artinya jika tidak diakui oleh dunia internasional. Mengapa demikian? Sebuah negara untuk mencapai tujuan utamanya perlu mendapat pengakuan dari negara lain agar bisa melakukan kerja sama di berbagai bidang. Selain itu, mereka tidak akan diperbolehkan untuk menjadi bagian dunia sehingga sangat sulit untuk melakukan akses.

 

Fakta-fakta Menarik Negara-negara yang Ada di Dunia

Tuhan memang menciptakan bumi untuk diisi oleh negara-negara yang berbeda. Nah ada banyak fakta menarik mengenai negara-negara yang ada dunia, cek di bawah ini ya!

  • Tahukah Anda benua dengan negara terbanya? Ya, jawabannya adalah benua Afrika yang memiliki 54 negara.
  • Tahukah Anda negara yang berbentuk pulau terbesar di dunia? Ya, jawabannya yaitu Greenland.
  • Negara terkecil di dunia yaitu Vatikan.

 

Setelah membaca artikel ini, akhirnya Anda jadi tahu jumlah negara di dunia. Jadi semoga bermanfaat ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *