Siapa diantara anda yang tidak mengenal provider Indosat? Hampir semua orang mengetahuinya. Bahkan pernah menggunakannya di masa lalu. Provider ini dikenal memberikan banyak modus dan kemudahan untuk setiap pengguna. Dan hingga saat ini, tersedia layanan transfer pulsa indosat ke indosat yang dapat dilakukan saat pengguna dalam keadaan terdesak.

Setiap orang pasti pernah mengalami ttidak memiliki pulsa.  Utamanya saat tempat membeli pulsa murah tidak atau sulit terjangkau. Di sinilah, cara transfer pulsa harus dipahami oleh pengguna dalam waktu singkat untuk mendapatkan pulsa sesegera mungkin. Lantas, apakah semua provider dapat menjadi pentrasfer pulsa untuk nomor indosat yang digunakan?

Syarat Jalankan Transfer Pulsa Indosat ke Indosat

pixabay.com

Sebelum memahami cara melakukan transfer pulsa, anda harus memahami bahwa terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat melakukannya. Adapun syarat yang dimaksud dijelaskan di sini,

  1. Operator Pengguna Layanan

Berbeda dibandingkan provider lain, operator ini memiliki keistimewaan. Karena operator lain pun dapat menggunakan layanan. Namun perlu dipahami bahwa operator lain yang dimaksud adalah operator yang satu perusahaan. Dalam hal ini, satu perusahaan dengan indosat ooredoo, diantaranya Matrix, IM3 ooredoo serta Mentari.

  1. Masa Aktif Kartu

Masa aktif kartu yang dimaksud di sini adalah berapa lama anda telah menggunakan kartu. Dalam persyaratan, pengguna harus menggunakan kartu selama minimal 181 hari. Jika belum menggunakannya dalam waktu tersebut, maka tidak dapat menggunakan cara transfer pulsa. Namun hal ini berlaku sebaliknya, saat telah menggunakan kartu dalam jangka waktu lama.

  1. Batasan Transfer Pulsa

Syarat berikutnya adalah memperhatikan batasan pulsa yang dapat dikirimkan. Untuk anda yang mengirimkan transfer pulsa, harus memahami bahwa terdapat batasan untuk melakukannya. Adapun batasan yang disediakan adalah Rp 200.000 untuk setiap harinya. Jika telah melebihi batasan ini, pengguna tidak dapat mengirimkan pulsa. Namun dapat mencobanya di esok hari.

  1. Biaya Transfer Pulsa

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan transfer pulsa. Untuk anda yang melakukan transfer dengan memanfaatkan SMS, akan dikenakan biaya sebesar Rp 600 dalam satu kali transaksi. Sedangkan untuk via UMB akan dikenakan biaya yang sesuai dengan standar yang telah berlaku dan disesuaikan dengan besaran pulsa yang ditransfer.

Setelah memahami setiap syarat di atas, apakah anda bersedia mengikutinya? Jika iya, maka pilihlah salah satu dari dua cara yang dapat dilakukan untuk transfer pulsa. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Cara Melakukan Transfer Pulsa Indosat ke Indosat

pixabay.com

Berbeda dengan cara transfer dari provider lain, Indosat hanya menyediakan dua cara untuk transfer. Adapun, cara yang dimaksud adalah menggunakan SMS dan UMB. Masing-masing akan dijelaskan di sini,

  1. Melalui SMS

Cara yang dapat dilakukan untuk transfer pulsa yang pertama adalah melalui SMS. Memanfaatkan cara ini membutuhkan pulsa untuk mengirimkan pesan, adapun cara yang harus dijalankan dapat dilihat dibawah ini,

  • Siapkan handphone pada menu SMS. Kemudian ketikkan pesan, sesuai dengan format yang tersedia. Adapun format yang dimaksud adalah Transfer pulsa (spasi) nomor (spasi) nominal. Kemudian kirimkan pada nomor 151. Pastikan nomor yang dituju dan nominal pulsa yang dituliskan sudah benar, baru kirimkan pada nomor yang dimaksud.
  • Setelahnya, anda hanya perlu menantikan SMS yang dikirimkan oleh operator. SMS tersebut berisikan instruksi dan konfirmasi untuk melakukan pengiriman pulsa. Nantinya pengirim akan menerima token untuk dimasukkan. Adapun format pesan nantinya akan seperti OK (token). Kirimkan kembali ke nomor yang sama yaitu 151.
  • Setelah dinyatakan selesai, SMS notifikasi akan disampaikan pada pengirim pulsa. Serta pulsa akan tiba pada si penerima. Perlu diketahui, bahwa dalam menjalankan cara ini, akan dikenakan biaya Rp 600. Contohnya mengirimkan pulsa Rp 5.000 akan bertambah menjadi Rp 5.600.
  1. Melalui UMB

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan UMB atau dikenal dengan dial up. Kebanyakan orang memilih cara ini, karena lebih cepat memberikan konfirmasi. Langkah yang harus dijalankan dapat disimak di sini,

  • Sebelumnya, perlu dipastikan kembali bahwa anda menggunakan kartu prabayar. Karena kartu pascabayar tidak akan dapat menggunakan layanan transfer pulsa. Kartu prabayar yang dapat menggunakannya adalah IM3 dan mentari. Adapun nomor yang harus dihubungi adalah *123*151#.
  • Untuk menghubungi nomor tersebut, anda harus menggunakan handphone smartphone. Tanpa handphone tersebut, cara ini akan sulit dijalankan. Jika nomor telah dimasukkan cukup tekan call dan nantikan petunjuk berikutnya. Pada petunjuk berikutnya akan disampaikan beberapa penjelasan, seperti nomor tujuan dan nominal pulsa.
  • Berbeda dengan via SMS, cara ini dinilai lebih menguntungkan. Karena pengirim tidak akan dikenakan biaya untuk mengirim SMS. Namun akan dikenakan biaya untuk mengirimkan pulsa pada si penerima. Tapi tidak perlu khawatir, karena biaya tidak terlalu besar seperti pengiriman melalui SMS.

Walaupun telah memahami cara-cara di atas, anda tidak dapat menggunakannya setiap saat. Untuk itu, disarankan untuk melakukan pengisian ulang pulsa murah secara berkala. Karena tidak setiap saat terdapat kerabat yang dapat dimintai tolong untuk melakukan transfer pulsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *