Terletak diantara 4 Kabupaten di Jawa Timur sekaligus, Bromo masih menjadi objek wisata populer dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tawarkan pesona alam yang tak perlu diragukan lagi, tidak heran bila kawasan wisata ini tak pernah sepi dikunjungi meski bukan di hari libur sekalipun. Selama berada di sana, ada beberapa objek lain yang wajib untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi objek wisata Gunung Bromo yang tak kalah menarik dikunjungi.

Berbagai Objek Destinasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Selama Berada Di Bromo

  1. Kawah Gunung

Sebagai ikon utama, Bromo tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Tak hanya memandanganya dari kejauhan, pengunjung bisa menikmati kecantikannya dengan mendekat ke arah kawahnya. Hanya saja untuk sampai di kawahnya, anda harus berjalan terlebih dahulu hingga kurang lebih 2 km saja. Sebelum sampai di kawah gunung, pengunjung harus menaklukkan ratusan anak tangga terlebih dahulu.

Tak jarang para pengunjung merasa lelah di tengah jalan, bahkan sebelum sampai di area anak tangga. Apabila merasa tidak kuat lagi mendaki lebih jauh, pengunjung bisa menyewa kuda baik itu saat naik maupun turun. Selama menunggangi kuda, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitarnya yang tak kalah menarik untuk dilihat.

Perlu diketahui bila Bromo, masih dikatakan sebagai gunung aktif yang sewaktu waktu bisa menyemburkan awan panas tanpa diduga. Oleh karenanya, jangan terkejut jika sampai di puncaknya akan tercium bau belerang yang menusuk hidung. Untuk mengatasinya, silahkan mengenakan masker sebagai langkah meminimalisir bau sekaligus mencegah banyaknya pasir yang terhirup ke saluran pernafasan.

pexels.com
  1. Bukit Teletabis Bromo

Sudah puas menikmati keindahan kawahnya, kini saatnya menuju objek wisata gunung Bromo lainnya yang diberi nama Bukit Teletabis. Sebenarnya nama bukit tersebut, dikarenakan bentuknya yang memang serupa dengan tontonan anak yang sempat populer. Banyak wisatawan yang merasa betah saat mengunjunginya, dimana mereka bisa melihat hambaran rumput hijau dengan deretan bukit hijau yang menyegarkan mata.

Biasanya Bukit Teletabis ini banyak diburu oleh para pecinta fotografi, untuk menghasilkan gambar yang menarik hati. Letaknya pun tidak terlalu jauh dengan Bromo, sehingga banyak wisatawan yang kemudian mampir untuk melihat pesona keindahannya. Selama berada di sana, anda bisa duduk santai sembari menikmati semilir anginnya yang terasa begitu nyaman. Dipastikan pengunjung akan merasa betah, dan ingin berlama lama di kawasan satu ini.

  1. Penanjakan 1

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit, penanjakan satu bisa menjadi rekomendasi terbaik. Lokasinya yang berada paling tinggi diantara perbukitan lainnya, dirasa cocok sebagai spot melihat fajar terbit. Di tempat wisata Gunung Bromo ini pula, pengunjung bisa menyaksikan betapa indahnya lembah ketika masih tertutup kabut tebal. Masyarakat menjulukinya negeri di atas awan, lantaran kabutnya yang cukup tebal.

Tertarik ke lokasi satu ini ? Pengunjung bisa mencapai bukit tersebut menggunakan kendaraan tertentu seperti jeep maupun sepeda motor. Namun perlu diingat bila tidak sembarang sepeda motor yang bisa digunakan untuk mendaki ke bukit tersebut. Agar lebih aman, silahkan memilih motor matic ataupun motor yang dibuat khusus untuk medannya yang cukup berat. Sedangkan para penumpang bisa berjalan kaki, mengingat trek yang harus dilalui cukup terjal.

pexels.com
  1. Penanjakan 2

Tak hanya di penanjakan 1, ternyata kawasan Bromo juga menyediakan penanjakan  2 yang biasa digunakan sebagai spot menyaksikan matahari terbit. Meski lokasinya tidak terlalu tinggi seperti penanjakan pertama, namun pemandangan yang ditawarkan tak kalah indahnya. Bahkan medan yang harus ditempuh tak terlalu sulit, sehingga lokasi ini banyak dikunjungi oleh masyarakat.

  1. Pasir Berbisik

Sejak memasuki kawasan wisata Gunung Bromo, pengujung akan disambut dengan hamparan pasir yang sangat luas. Masyarakat sekitar menjulukinya sebagai pasir berbisik, dimana mereka memang seperti mengeluarkan suara layaknya orang yang sedang berbicara pelan atau berbisik. Bagi pengendara hendaknya meningkatkan kewaspadaan, mengingat materialnya tak jarang membuat roda kendaraan mudah terselip dan terkelincir.

Areanya yang dapat dikatakan cukup luas, banyak yang kemudian memanfaatkannya sebagai spot terbaik untuk mengambil gambar. Selain berswafoto ria, ada beberapa aktifitas yang tak kalah asyik untuk dilakukan. Mulai dari mengendarai motor tril yang dapat menguji adrenalin, menunggangi kuda, ataupun sekedar menikmati keindahan alamnya sembari duduk santai di atas kendaraan.

  1. Pura Luhur Poten

Dari kejauhan saja, pengunjung sudah bisa melihat adanya sebuah pura di tengah tengah pasir berbisik. Hingga kini Pura Luhur Poten masih digunakan oleh masyarakat sekitar, untuk melaksanakan ibadah bagi mereka yang memeluk agama Hindu. Kawasan ini umumnya semakin dipadati penduduk yang ingin beribadah, saat menjelang perayaan nyepi telah tiba. Sedangkan kawasan Bromonya sendiri akan ditutup, demi kenyamanan dan kekusyukan saat beribadah.

  1. Desa Ngedas

Salah satu wisata Gunung Bromo dan tidak boleh dilewatkan yaitu Desan Ngedas. Desa ini menjadi area pemukiman bagi warga asli suku Tengger yang masih bertahan. Jika dilihat sekilas memang tidak ada bedanya dengan desa desa di daerah lainnya, namun ketika anda mulai berbaur bersama masyarakat sekitar dijamin merasakan adanya perbedaan dari tradisi suku yang masih mereka pertahankan.

pexels.com
  1. Bukit Cinta

Selain adanya bukit teletabis, kini ada bukit cinta yang bisa dikunjungi wisatawan. Momen terbaik untuk mendatanginya, yaitu ketika ingin menyaksikan keindahan matahari terbit sejak pagi buta. Selain itu, deretan bukit yang mengelilingi sekitar dijamin mampu memanjakan mata. Belum lagi adanya kabut yang menyelimuti daerah sekitar, yang menambah kesan indah nan romantis ketika datang bersama dengan orang terkasih.

Hanya saja kawasan ini mulai panas ketika matahari sudah berada di atas langit. Meski begitu, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar lebih jelas karena tidak ada kabut yang menghalangi. Hijaunya pegunungan yang dilengkapi dengan sederet bukitnya, terlihat begitu cantik dan akan terkenang hingga kapanpun. Tidak mengherankan bila wisata Gunung Bromo hingga kini masih diminati oleh para pecintanya.

Namanya sudah dikenal hingga ke berbagai negara tetangga, tingkat kepopuleran Bromo tak pernah surut di mata para pecintanya. Tak hanya menawarkan keindahan gunungnya semata, disana pengunjung juga bisa mendatangi beberapa tempat wisata yang masih berada di sekitaran kawasan Bromo. Agar bisa menikmati pesonanya lebih puas tanpa lelah di perjalanan, anda bisa menggunakan paket wisata Bromo sebagai pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *